Fakta Menarik Burung Kolibri
Burung Kolibri adalah burung yang berasal dari Amerika.
Mereka merupakan salah satu dari burung terkecil di dunia, dengan sebagian besar spesies berukuran 7,5-13 cm.
Burung terkecil di keluarga kolibri ialah kolibri lebah, dengan ukuran 5 cm dan berat kurang dari 2,0 gram. Mereka disebut kolibri karena kepakan sayapnya menghasilkan suara berdengung yang dapat didengar pada frekuensi tinggi seperti yang didengar manusia. Mereka melayang di udara dengan kecepatan kepakan sayap yang cepat yang bervariasi,dari 12 denyut per detik untuk spesies terbesar hingga yang terendah 80 denyut per detik. Pada spesies yang diukur di terowongan angin, kecepatan maksimumnya melebihi 15 m/s lho. Beberapa spesies ternyata juga melakukan perjalanan dengan kecepatan lebih dari 22 m/s.
Kolibri memiliki tingkat metabolisme spesifik massa maksimum dari semua theropoda.
Untuk menghemat energi ketika makanan langka, pada malam hari ketika mereka tidak mencari makan, mereka dapat memasuki kondisi yang mirip dengan hibernasi, karena hal inilah tingkat metabolisme mereka berkurang menjadi 1/15 dari tingkat normal.
Kolibri adalah karnivora khusus dan sering dikaitkan dengan serbuk sari yang menjadi makanannya. Pada beberapa spesies, khususnya yang memiliki bentuk yang tidak biasa, kolibri merupakan burung terkecil di dunia yang telah berevolusi.
Mininya tubuh kolibri ini mungkin karena ia harus bersaing dengan kolibri paruh panjang, yang lebih menyukai nektar yang berasal dari bunga-bunga khusus, yang menyebabkan persaingan yang lebih sukses untuk mendapatkan serangga yang mencari makan dari bunga oleh kolibri madu.
Berdasarkan informasi yang dihimpun, kolibri jantan tidak ikut membuat sarang. Sebagian besar spesies membangun sarang berbentuk cangkir di cabang-cabang pohon atau semak. Meskipun beberapa spesies tropis biasanya menempelkan sarangnya di dedaunan.Banyak spesies kolibri menggunakan sutra laba-laba dan lumut untuk mengikat bahan sarang dan memastikan keamanan struktural.
Saat kolibri muda tumbuh, sifat unik dari sutra memungkinkan sarang untuk berkembang. Meskipun ukurannya paling kecil dari semua telur burung, namun ukurannya cukup besar untuk ukuran kolibri dewasa. Masa inkubasi berlangsung dari 14 hingga 23 hari, tergantung pada spesies, dan suhu lingkungan.
Dari Alaska bagian selatan-tengah hingga Tierra del Fuego, yang meliputi Karibia, kolibri kini hanya banyak ditemukan di Amerika. Sebagian besar kolibri Amerika Utara bermigrasi ke selatan pada musim gugur untuk menghabiskan musim dingin di Meksiko, Kepulauan Karibia, atau Amerika Tengah.
Selama musim dingin di bagian selatan, beberapa spesies Amerika Selatan bagian selatan juga bermigrasi ke utara ke daerah tropis.
Beberapa spesies merupakan penghuni sepanjang tahun di Florida, California, dan daerah gurun di ujung barat daya Amerika Serikat.
Kolibri merah-cokelat berkembang biak lebih jauh ke utara dibandingkan spesies lainnya. Karena mereka lebih sering berkembang biak di Amerika Utara yang beriklim sedang dan semakin sering melewati musim dingin di Teluk Meksiko yang subtropis dan pantai Florida.
Dengan bermigrasi ke utara ke Yukon atau Alaska selatan pada musim semi, kolibri coklat-merah bermigrasi lebih luas dan bertengger lebih jauh ke utara daripada spesies kolibri lainnya. Sifat tahan banting ini memungkinkan mereka bertahan hidup di bawah suhu beku selama mereka memiliki tempat berlindung dan makanan yang memadai.
Kolibri memakan berbagai macam serangga, termasuk nyamuk, lalat buah, dan kutu yang terbang atau kutu daun pada daun dan laba-laba di jaringnya.
Untuk memenuhi kebutuhan energinya, kolibri mengonsumsi nektar, cairan dengan rasa manis yang ditemukan di dalam bunga tertentu.
Seperti lebah madu, mereka dapat menilai kandungan glukosa dari nektar yang mereka makan. Mereka biasanya menolak jenis bunga yang menghasilkan nektar dengan kadar gula kurang dari 10% dan tidak menyukai nektar dengan kadar gula yang tinggi.
Burung kolibri mungkin berukuran kecil, tetapi mereka termasuk burung yang paling agresif nih. Mereka bahkan bisa menyerang burung gagak dan elang yang melanggar batas wilayah mereka.
Pengamat burung di halaman belakang rumah sering mengamati bahwa mereka memiliki burung kolibri kuat yang menjaga semua area makan dan mengusir penyusup.