Bukan Hewan Lucu
Kalau membahas tentang beruang coklat, kita semua sudah tidak asing lagi dengan mereka, hampir di setiap kebun binatang terdapat beruang coklat, dan beberapa sirkus menyediakan beruang dalam pertunjukannya.
Beruang coklat adalah hewan yang sangat ganas.
Di seluruh alam liar, beruang coklat cuma punya sedikit musuh karena ukuran, dan kekuatannya yang cukup besar.
Beruang coklat sangatlah besar. Beruang coklat dewasa memiliki panjang lebih dari 2 meter, dengan tinggi bahu satu setengah meter. Umumnya, beratnya lebih dari 500 kilogram, dan beruang coklat terberat memiliki berat hingga 1000 kg.
Selain itu, ia memiliki wajah kuning keemasan dan matanya seperti kacang hitam, bulu tubuhnya panjang loh, yang berfungsi menahan dingin di musim dingin.
Kaki depannya tebal dan kuat, bila mengayunkan cakarnya ke objek sasaran, itu bisa menyebabkan luka yang fatal.
Jenis beruang ini umumnya bergerak lambat, tetapi ketika bertemu dengan makanan, ia akan menangkapnya dengan sangat cepat dan kemudian melambat untuk menikmatinya.
Beruang coklat sama sekali tidak pilih-pilih makanan. Meskipun ia adalah karnivora, ia juga akan memakan akar dan daun tanaman dengan senang hati. Beruang coklat juga mengonsumsi ikan dan semut.
Terkadang, ketika mereka tidak dapat menemukan makanan, mereka akan mengunjungi rumah-rumah penggembala dan makan nasi dan mie.
Setelah makan, mereka akan tinggal dan bermain sejenak. Ketika anjing Mastiff Tibet menggonggong di depan pintu, beruang-beruang ini memilih untuk mengabaikannya.
Selain makan dan minum, beruang coklat juga merupakan pemakan yang luar biasa dengan porsi jumbo.
Ia dapat memakan hampir selusin kelinci atau tikus setiap hari. Jangan lihat gerakan beruang coklat yang canggung linglung, sebenarnya mereka sangat cerdas loh.
Kapan pun mereka perlu berburu makanan, beruang coklat biasanya mengendap-endap dan melihat-lihat.
Jika ia menemukan sisa daging busuk yang dimakan oleh predator hewan lain, ia akan menghabiskannya dan tidak akan menyia-nyiakannya.
Jika sudah kenyang, ia akan kembali tidur dengan perlahan dan santai.
Beruang coklat memiliki hobi, yaitu menggali lubang tikus. Mereka bisa berdiri di rerumputan dan melihat sekeliling selama seminggu untuk menemukan di mana ada lubang tikus. Jika beruang coklat menemukan lubang tersebut, mereka akan maju untuk menumbuk lubang tersebut dengan cara yang sangat keras.
Karena ada banyak saluran di dalam lubang tikus, beruang menggunakan cakarnya yang kuat untuk menggali lalu kemudian menumbuknya, tikus-tikus itupun jadi takut dan bergegas keluar. Beruang coklat bukanlah pemakan yang pemilih, jadi setelah memakan tikus, ia juga memakan makanan yang tersimpan bersama tikus. Mereka juga sangat enggan mengambil inisiatif, terutama untuk beberapa hewan yang lebih besar, dan suka mengambil sisa makanan.
Beruang coklat yang cerdas juga suka menyimpan makanan. Setiap tahun setelah musim dingin, beberapa hewan kelaparan atau mati kedinginan di padang rumput.
Beruang menempatkan mereka di tempat yang relatif terpencil dan menguburnya di salju untuk mencegah hewan lain mengambil makanan sampai mereka lapar.
Beruang coklat juga berhibernasi di musim dingin, tetapi terdapat beberapa perbedaan dengan hewan lainnya.
Banyak hewan kecil yang berhibernasi dengan tidur sepanjang musim dingin dan tidak makan atau minum, tetapi beruang coklat malah bisa berjalan-jalan dengan normal.
Beruang coklat adalah hewan yang ganas, yang sering ditemukan di padang rumput, hutan, dan tempat-tempat lain, dan hampir tidak pernah berinteraksi dengan manusia.
Namun manusia malah sangat kejam dalam menangkap, dan memburu mereka dengan segala cara, demi mendapatkan cakar beruang.
Singkat cerita, beruang madu memiliki peran penting dalam ekosistem alam, dan kita sebagai manusia seharusnya melindunginya.