Manfaat Kelapa
Sudah sejak lama manfaat buah kelapa diakui oleh dunia. Hampir seluruh bagian tanaman yang banyak tumbuh di negara tropis ini dapat dimanfaatkan.
Mulai dari akar, batang pohon, daun, hingga buahnya baik kelapa muda maupun kelapa tua. Bicara soal manfaat buah kelapa, seluruh bagian buahnya pun dapat dikonsumsi dan diolah.Seperti air kelapa yang menyegarkan dan dapat diminum langsung hingga daging buahnya.
Daging buah kelapa muda biasanya dinikmati langsung bersama air kelapa, namun tak jarang diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Sedangkan daging buah pada kelapa tua biasanya diolah menjadi santan
Lalu, apa saja yang menjadi manfaat kelapa? Simak penjelasan lebih lanjut berikut ini.
1. Meningkatkan kekuatan fisik
Tidak hanya dapat memberikan efek menyegarkan, air kelapa juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat di dalam air kelapa yang dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi agar Anda lebih termotivasi untuk beraktivitas.
2. Hindari dehidrasi
Air kelapa juga sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengatasi dehidrasi ringan. Meski demikian, dianjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk mencegah dehidrasi.
3. Pencegahan penyakit batu ginjal
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa air kelapa dapat mencegah pembentukan kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Akibatnya, air kelapa dianggap efektif mencegah batu ginjal.
4. Menjaga sistem imun tubuh
Imun tubuh yang baik adalah imun yang mampu menangkis segala macam bakteri atau virus penyebab penyakit. Khasiat kelapa yang pertama adalah menjaga sistem imun tersebut agar senantiasa kuat dalam mencegah bahaya penyakit.
5. Menguatkan tulang
Manfaat kelapa yang selanutnya yaitu menguatkan tulang. Kenapa bisa? Hal ini karena kelapa mengandung cukup banyak kalsium dan juga magnesium yang membantu menguatkan tulang sehingga Anda bisa mencegah penyakit osteoporosis.
6. Menyehatkan jantung
Khasiat kelapa untuk jantung tentunya menyehatkan organ tubuh yang sangat penting ini. Buah ini memiliki lemak alami yang dapat mengusir lemak jahat pada jantung, sehingga jantung Anda akan senantiasa sehat.
7. Mencegah penuaan dini
Jika diolah ke dalam bentuk minyak, manfaat kelapa untuk tubuh adalah sebagai anti oksidan yang mencegah penuaan dini. Jadi jika Anda ingin tetap terlihat awet muda, konsumsilah buah kelapa dengan rutin setiap harinya.
8. Menurunkan tekanan darah
Manfaat air kelapa dianggap baik untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Air kelapa mengandung potasium, yang telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.
Semoga Anda menikmati artikel ini!