Manfaat Apel
Tak hanya lezat dan menyegarkan, manfaat apel bagi kesehatan juga tidak perlu diragukan. Buah yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia ini diketahui mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh.
Peribahasa “an apple a day keeps the doctor away” ternyata bukan hanya sekedar mitos belaka, melainkan fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya. Buah apel diketahui rendah kalori serta mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan kalium.
Lalu, apa saja manfaat makan apel setiap hari?, berikut ulasannya untuk anda.
1.Menjaga Kesehatan Pencernaan
Apel memiliki kandungan serat tinggi yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi apel setiap hari secara teratur akan memastikan pergerakan usus halus dan mencegah sembelit, solusi diare, mengatasi sintrom iritasi usus dan gangguan perut lainnya. Serat dalam apel juga akan menstimulai pelepasan cairan lambung dan pencernaan sehingga penyerapan nutrisi bisa lebih efisien, mengatasi kolesterol berlebih dari urat nadi dan arteri sehingga kesehatan jantung juga bisa terjaga dengan baik.
2.Mencegah Kanker
Apel juga menunjukkan perbaikan dalam solusi kanker khususnya kanker payudara dan usus besar. Selain itu, dalam penelitian berbeda juga terbukti jika mengkonsumsi apel bisa mengurangi risiko terkena kanker paru paru sekaligus mencegah perkembangan sel kanker tersebut. Kandungan fitonutrien tinggi seperti quercetin dan kaemferol yang menjadi nutrisi utama untuk pencegahan berbagai sel kanker tersebut.
3.Memberikan Efek Probiotik
Apel mengandung pektin yakni sejenis serat yang berfungsi sebagai probiotik. Secara khusus, kandungan tersebut bisa meningkatkan fungsi bakteri hidup dalam usus besar yang juga merangsang metabolisme dalam saluran cerna dan meningkatkan bakteri baik dalam usus. Efek prebiotik ini juga nantinya bisa meningkatkan kesehatan tubuh dengan memaksimalkan serapan hara sekaligus menghilangkan bakteri dan mengeluarkan racun dalam tubuh.
4.Mengurangi Risiko Stroke
Dalam penelitian juga sudah dibuktikan jika makan apel secara teratur setiap hari bisa menurunkan risiko stroke trombotik baik pada pria dan juga wanita di segala umur khususnya pada orang dewasa dan lebih tua.
5.Tingkatkan kesehatan neurologis
Tak ada salahnya mencoba olahan selai kacang apel. Meskipun penelitian sejauh ini hanya dilakukan pada hewan, hasilnya juga menjanjikan bagi manusia. Sebuah studi tahun 2019 pada tikus yang diterbitkan dalam Clinical Nutrition Experimental menemukan hubungan antara quercetin yang ditemukan dalam apel, dan efek neuroprotektifnya pada pikiran.
6.Untuk kekebalan tubuh
Makan apel juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan. Ini adalah sesuatu yang sangat penting terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Kandungan quercetin dalam kulit apel, tidak hanya bekerja untuk memperkuat sistem kekebalan, tetapi juga mengurangi peradangan.
7.Kurangi risiko sakit jantung
Meskipin apel tidak dikenal karena khasiatnya yang menyehatkan jantung, namun manfaatnya tetap luar biasa. Apel tidak hanya terbukti menurunkan risiko penyakit jantung, tetapi flavonoid yang ditemukan dalam apel juga dikaitkan dengan risiko stroke 20 persen lebih rendah. Apel mengandung serat larut, yang membantu menurunkan kolesterol.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!