Ayo Naik Sepeda Bersama!
Tahukah kamu? Kalau pada tanggal 3 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bersepeda Sedunia. Sejak 2018, peringatan ini jatuh pada bulan Juni untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang mobilitas yang lebih ramah lingkungan.
Hal itu yang menjadi alasan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberikan hari yang istimewa bagi olahraga satu ini.Di Indonesia sendiri, tepatnya masyarakat ibukota, olahraga bersepeda menjadi tren. Dengan tujuan untuk membangun gaya hidup lebih sehat saat pandemi.
Kini, cukup banyak masyarakat yang menjadikan sepeda, tak hanya teman sehatnya, tapi juga teman untuk bereksplorasi. Bagi kamu, bersepeda memiliki peran tersendiri bagi kesehatanmu.
1.Mempertahankan Daya Tahan Tubuh
Mengingat bersepeda adalah olahraga, jika Anda lakukan secara rutin jelas akan membuat sehat. Tubuh yang sehat, maka akan memuat saya tahan tubuh selalu terjaga.
2.Menyehatkan Organ Jantung
Mengayuh sepeda perlu tenaga. Detak jantung akan berirama ketika Anda mengayuhnya. Jarak dekat dan jauh, maka irama detak jantung akan berbeda. Ketika Anda bersepeda jarak jauh, maka akan membuat jantung Anda lebih sehat.
3.Mengencangkan Otot
Bersepeda akan membuat otot-otot tubuh Anda menjadi lebih kencang. Sebab semua bagian tubuh Anda mau tidak mau harus digerakkan. Walaupun kaki untuk mengayuh, namun tangan, punggung, dan bagian tubuh yang lain akan terpicu untuk ikut bergerak.
4. Menjaga berat badan
Bersepeda dapat menjaga berat badan tetap ideal, karena mampu membakar lemak dan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Bersepeda selama 1 jam saja dapat membakar setidaknya 600 kalori.
Untuk mendapat manfaat ini secara optimal, Anda bisa mengombinasikan kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan bergizi seimbang untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.
5. Menurunkan tingkat stres
Saat bersepeda, tubuh akan menurunkan kadar hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol, di dalam tubuh. Tak hanya itu, melihat dan menikmati pemandangan saat bersepeda juga dapat menurunkan stres yang dialami.
6. Menurunkan risiko terjadinya diabetes dan kanker
Salah satu manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini karena bersepeda dapat menjaga kestabilan produksi hormon insulin dalam tubuh.
Bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker payudara.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!