Rubah Peliharaan
Seiring banyaknya orang yang mulai memelihara rubah, memiliki rubah peliharaan juga telah menarik perhatian banyak orang. Untuk orang yang baru pertama kali memelihara rubah, mereka harus memahami kebiasaan-kebiasaan hidup apa saja yang dimiliki rubah.
Rubah hidup di berbagai lingkungan, dapat tinggal di pegunungan, perbukitan, hutan, padang rumput, pegunungan, gurun, dataran dan tempat-tempat lain, sering juga di patahan batu, lubang pohon, gua di tanah, semak-semak dan lainnya sebagai sarang. Mereka berbaring di dalam gua pada siang hari dan keluar saat malam hari.
Rubah bergerak dengan lincah. Pandai berlari, jejak kaki mereka terlihat sangat mirip dengan jejak kaki kelinci. Rubah memiliki kemampuan pengelihatan yang tajam, indra penciuman dan pendengaran yang berkembang sangat baik, serta ingatan yang kuat.
Rubah bisa merangkak di tebing, berenang, dan memanjat pohon. Rubah hewan yang pintar, licik dan selalu merasa curiga, tidur di siang dan malam hari. Rubah liar hidup berkelompok, karena perjuangan untuk bertahan hidup antar spesies binatang yang sangat sengit, dengan hukum rimba yang adalah menjadi mangsa di hutan.
Rubah kuat bertahan di cuaca dingin dan lemah untuk bertahan di cuaca panas. Mereka suka tinggal di lingkungan kering, segar dan bersih. Rubah dewasa mengganti bulunya sekali dalam setahun, dan rubah salju yang baru lahir sering memiliki rambut janin berwarna hitam, tapi biasanya, seluruh badannya akan berwarna putih salju setelah berganti bulu untuk pertama kali, dan tidak ada bulu-bulu lain lagi di seluruh tubuhnya.
Panda merah (firefox) memperlihatkan bulu merahnya hanya setelah pergantian bulu pertamanya.
Dari bulan Maret sampai April, bulunya berganti dari kepala dan tungkai kaki depan, diikuti oleh leher, punggung, sisi samping, perut, kaki belakang, dan terakhir bagian bokong dan bagian ekornya. Urutan pertumbuhan bulu yang baru sesuai dengan urutan ketika bulu lamanya rontok.
Dari bulan Juli sampai Agustus, bulu musim dinginnya rontok, bulu yang tumbuh di musim semi berhenti tumbuh pada saat awal musim panas, dan sejumlah besar bulu-bulu jarum serta akar rambut baru tumbuh di akhir bulan Juli.
Oleh karena itu, struktur bulu di musim dingin sangat berbeda dengan mantel bulu di musim panas. Bulu di musim panas lebih gelap dan lebih pendek dibanding dengan bulu di musim dingin, dan bulu musim dingin panjang dan lebat.
Lamanya sinar matahari memiliki pengaruh yang besar terhadap rontoknya bulu, dan waktu pencahayaan lebih rendah secara artifisial di musim panas dan musim gugur, mantel bulu musim dingin dapat tumbuh maksimal sebelum waktunya, dan bulu tumbuh lebih cepat pada suhu yang rendah.
Pada umumnya, rubah senang di tempat dingin dan takut dengan suhu musim panas. Ketika suhu di musim panas melewati 36 derajat celsius, mereka harus berusaha untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Jika memungkinkan, rubah bisa ditempatkan dengan kipas angin atau air conditioner yang terus menyala untuk menhindari suhu musim panas.
Rubah adalah hewan omnivora dan dapat memakan banyak berbagai jenis makanan, tetapi umumnya yang terbaik adalah memberi makan dengan makanan anjing, ini dapat membantu mengurangi bau pada kotoran dan mulut mereka.
Selain itu, perlu dicatat bahwa rubah pada tahun pertama harus diberi makan makanan anjing, karena tahun pertama adalah periode paling penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya, dan mereka harus mendapat nutrisi yang lengkap. Jika memberi makan dengan makanan buatan sendiri dapat menyebabkan stunting, itu juga terlihat buruk.
Rubah adalah hewan soliter, dan mereka umumnya hidup menyendiri kecuali selama masa kawin dan melahirkan. Jika bukan berasal dari wadah rubah yang tumbuh bersama, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah tidak menyatukan mereka bersama. Biasanya, mereka akan akan berkelahi dengan sangat parah dan membuat kesal pemiliknya.