Manis Dan Warna-warni
Permen lolipop merupakan salah satu camilan populer. Selain bercita rasa manis dan warna-warni, permen ini memiliki bentuk yang khas karena bertangkai.
Cikal bakal permen lolipop yang lebih modern memperkirakan menemukan pada masa kebudayaan arab,cina dan mesir kuno. cara membuat permen lollipop saat itu masyarakat mereka membuat “permen” dengan cara mencampur buah-buahan atau kacang-kacangan. dengan madu kemudian menusuk dengan tangkai agar lebih mudah menikmati.
Penggunaan tongkat atau batang pendek ini sudah mengunakan oleh masyarakat zaman Batu untuk mengambil madu dari sarang lebah. Masyarakat zaman Batu yang menjilati madu dari tongkat tersebut kemudian menganggap sebagai awal mula permen lolipop.
Sedangkan pada masyarakat Mesir kuno, permen lolipop memakan dengan cara mencampurkan kacang-kacangan, buah, dan rempah-rempah. pada madu yang kemudian membuat menjadi berbentuk bola-bola kecil. Bola-bola kecil ini kemudian tusuk menggunakan tongkat pendek dan memmakan dengan cara menjilat.
Soal nama, kata lolipop pertama kali disebutkan oleh George Smith, seorang pebisnis kembang gula dari New Haven, Connecticut. Dia memberi nama permen ini berdasarkan nama pacuan kuda balap favoritnya, yaitu Lolly Pop. George Smith berhasil mendapatkan merek dagang atas permen dan namanya pada 1931. Saat ini, nama tersebut telah menjadi domain publik.
Gelar sebagai produsen lollipop secara massal itu memegang oleh The Racine Confectionary Company, sampai pada tahun 1912 menemukan sebuah mesin yang dapat memasukkan stick ke dalam permen secara otomatis. cara membuat permen lollipop Mesin ini menciptakan oleh seorang penguaha bernama Samuel Born. Kota San Fransisco sangat mengagumi inovasi ini.
Sampai-sampai Born memberi izin untuk ke San Fransisco tahun 1916.Saat ini, beberapa produsen permen modern, seperti Spangler Candy Company bisa memproduksi tiga juta lollipop per hari.
Dari sejarah atas kemudian permen lolipop terus berkembang sampai mendunia dan sampai ke indonesia,Di Indonesia sampai sekarang ini banyak sekali yang menjual dan memproduksi permen lollipop,Nah itulah sejarah singkat tentang permen lollipop.
Selain rasa manis yang diberikan, ada satu hal unik pada setiap permen lolipop, yaitu gagang atau stiknya yang berongga seperti sedotan. Apakah kamu tahu mengapa produsen lolipop menciptakan stik permen seperti itu?
Setiap kali kita menghabiskan satu permen lolipop, kita pasti memerhatikan adanya lubang kecil di ujung stik. Lubang kecil ini dibuat produsen permen agar permen bisa menempel ke dalam lubang tersebut dengan cara dilelehkan. Dengan demikian, "kepala" permen lolipop tidak terlepas dan terjatuh dari stik saat kita menggigit permen.
Selain mempertahankan posisi permen, stik lolipop dibuat berongga atau berlubang demi alasan keamanan. Tujuannya mencegah anak-anak agar tidak tersedak jika mereka tidak sengaja menelan stik lolipop. Lubang atau rongga pada stik itu akan memungkinkan sedikit udara untuk masuk, sehingga kejadian berbahaya dan risiko kematian sedikit berkurang.
Semoga Anda menikmati artikel ini, terima kasih telah membaca!