Persiapan yang Baik
Berenang adalah salah satu kegiatan olahraga aerobik yang baik, yang dapat melatih kelenturan anggota tubuh, meningkatkan keseimbangan dalam badan, tetapi bisa juga untuk menurunkan berat badan serta mendapatkan bentuk tubuh yang baik.
Karena kegiatan renang dilakukan di dalam air, berenanglah di perairan yang tenang untuk menghindari cedera pada otot dan persendian jika mengeluarkan kekuatan yang terlalu besar saat berenang.
Berenang juga merupakan keterampilan bertahan hidup, karena bisa menyelamatkan diri Anda dalam situasi yang genting.
Umumnya waktu berenang yang baik dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu, namun akan lebih baik jika setiap latihan dilakukan selama 40 menit sampai satu jam.
Jadi hal-hal apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum pergi berenang?
1. Memakai baju dan celana renang
Pakailah baju dan celana renang yang pas. Jika pakaian terlalu besar, badan akan terasa semakin berat dan menambah daya tahan air, sehingga mempengaruhi gerakan saat berenang.
2. Topi renang yang cocok
Berenang sebaiknya memakai topi renang, terutama bagi para wanita, untuk mencegah kerontokan pada rambut. Terkadang jika kualitas airnya buruk dengan memakai topi renang bisa melindungi rambut agar tidak menguning.
3. Kacamata renang
Jika kualitas air kolam tidak bersih, maka bakteri air akan sangat mudah masuk ke dalam mata, yang bisa menyebabkan mata merah dan sebagainya. Jika Anda ingin terhindar dari penyakit mata, Anda harus memakai kacamata renang saat berenang.
4. Penyumbat telinga
Air yang masuk ke telinga akan terasa tidak nyaman dan terkadang menyebabkan rasa sakit yang bisa mempengaruhi pendengaran. Untuk mencegah air masuk ke telinga, Anda bisa menyiapkan penyumbat telinga.
5. Pelampung
Untuk para perenang pemula, sebaiknya membawa perlengkapan yang bisa mengapung, seperti pelampung, jaket pelampung, busa, dll.
6. Handuk mandi dan sandal
Handuk mandi dan sandal adalah perlengkapan yang diperlukan bagi para perenang. Di sela-sela waktu berenang atau setelah naik ke tepian kolam, keringkan tubuh dengan handuk, kemudian pakailah handuk dan sandal pada tubuh, untuk menjaga badan Anda tetap hangat dan mencegah masuk angin, serta lebih higienis. Saat berenang di musim dingin, perlengkapan ini akan sangat diperlukan.
7. Klip penjepit hidung
Jika Anda ingin mencegah air masuk ke lubang hidung, sebaiknya siapkan penjepit hidung agar tidak tersedak, batuk, dan kejadian-kejadian lainnya.
8. Seorang pelatih atau teman yang pandai berenang
Bagi para pemula, belajar berenang adalah hal yang sulit, jadi Anda akan membutuhkan seseorang untuk menemani Anda mengajarkan gerakan renang dan menjaga Anda agar tetap aman.
9. Makanlah sebelum berenang
Jika Anda langsung masuk ke air tanpa makan terlebih dahulu, Anda akan cepat merasa lapar, dan mengalami reaksi hipoglikemik, atau reaksi-reaksi buruk lainnya, bahkan bisa membuat Anda tenggelam dan mengalami kecelakaan lainnya.