Rubah Merah
Rubah merah adalah rubah kecil, berwarna oranye-coklat yang ukurannya hampir sama dengan kucing domestik. Rubah ini ditemukan di seluruh rumput gurun di barat Amerika Utara, termasuk Montana, Colorado, New Mexico, Kansas, Oklahoma, dan Texas. Rubah merah biasanya hidup di sarang-sarang yang berada di pohon-pohon, terutama pohon pinus. Mereka berburu di malam hari dan menjadi sangat aktif di dalam kegelapan. Rubah merah juga biasa menggali lubang di tanah untuk membuat sarang mereka. Mereka memakan berbagai macam hewan kecil seperti tikus, burung, dan reptil, serta buah-buahan, serangga, dan cacing. Menurut mitologi Melayu, rubah merah dipercaya sebagai binatang yang penuh misteri dan memiliki kemampuan supernatural. Rubah merah juga dikenal sebagai kucing hutan dan telah lama diyakini memiliki kemampuan untuk berbicara dengan manusia. Di banyak tempat, rubah merah dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kesuksesan. Rubah merah juga dianggap sebagai makhluk yang melindungi hutan dan membawa berkah bagi mereka yang tinggal di sekitarnya.
Rubah merah ditemukan di Manitoba Selatan, Saskatchewan, dan Alberta, Kanada. Walaupun beberapa mammalogis menganggap rubah merah dan rubah kit adalah satu spesies, penelitian filogeni molekuler menunjukkan bahwa keduanya berbeda. Hibridisasi mungkin terjadi di mana wilayah mereka bertemu, tetapi daerah tersebut terbatas.
Rubah merah biasanya ditemukan di rumput rumputan pendek dan gurun dan hampir punah pada tahun 1930 karena program kontrol predatornya. Namun, populasinya berhasil dikembalikan dan status konservasinya sekarang terdaftar sebagai Least Concern oleh IUCN karena populasi yang stabil di wilayah lain.
Rubah Merah adalah omnivora yang umur hidupnya antara tiga hingga enam tahun di alam liar. Dietnya meliputi rumput, buah-buahan, hewan kecil, kadaver, dan serangga. Mereka memiliki tubuh abu-abu gelap dan cokelat, dengan leher dan perut yang berwarna kuning pucat hingga putih. Ukuran tubuhnya adalah 12 inci (30 cm) tinggi dan 31 inci (79 cm) panjang, berat antara lima dan tujuh pon. Jantan lebih besar daripada betina. Berkembang biak hanya sekali dalam setahun, dari bulan Desember hingga bulan Maret, dan anak-anak lahir mulai dari Maret hingga pertengahan Mei dan dilepas pada usia enam hingga tujuh minggu.
Rubah Merah berasal dari daerah Great Plains di Amerika Utara. Mereka bersarang di padang rumput terbuka, ladang terkultivasi, dan tanah pasir di sepanjang garis pagar. Jangkauan mereka meluas ke utara ke Alberta dan Saskatchewan, Kanada, serta ke selatan ke Texas, Iowa barat, Colorado, Kansas, Wyoming, Nebraska, dan Montana. Meski ukuran populasi Rubah Merah tidak diketahui dengan pasti, akan tetapi diketahui bahwa mereka saat ini hanya menghuni 40 persen dari jangkauan historis mereka.
Lembaga Pelayanan Kehutanan dan Taman Hayati Amerika Utara mempertimbangkan untuk menempatkan Rubah Merah dalam daftar yang terancam punah, tetapi spesies lain dengan prioritas yang lebih tinggi mencegahnya. Hal ini mendorong agen-agen kehutanan di wilayah rubah untuk membentuk Kelompok Konservasi Rubah Merah, yang bekerja untuk menerapkan program manajemen dan pemantauan yang lebih baik. Rubah Merah lebih bergantung pada sarang-sarang mereka daripada kebanyakan canid Amerika Utara lainnya, menggunakannya sebagai perlindungan dari predator. Sarang-sarang ini biasanya dikuburkan dengan panjang dua hingga empat meter. Mereka juga dikenal karena kecepatannya, ymampu berlari lebih dari 50 km/h (30 mph) atau hingga 60 km/h (40 mph).
Rubah merah adalah makhluk menarik yang ditemukan di seluruh padang rumput di barat Amerika Utara dan sebagian Kanada. Pola makan yang unik, kebiasaan berkembang biak, dan ketergantungan pada gua membuat mereka menjadi bagian penting dari ekosistem. Meskipun mereka menghadapi beberapa ancaman akibat hilangnya habitat dan penyusupan manusia, upaya konservasi telah diterapkan untuk memastikan kelangsungan hidup mereka yang lebih baik untuk generasi mendatang.