Hewan Peliharaan yang Lucu
Saat ini, merawat ikan hias telah menjadi suatu cara yang populer bagi orang-orang untuk beristirahat dan bersantai di tengah kehidupan yang serba cepat dan penuh tekanan. Memiliki ikan hias yang cantik bukan hanya menyenangkan, tetapi juga dapat menjadi sarana untuk menenangkan diri dari rutinitas sehari-hari.
Jika Anda masih bingung ingin memelihara ikan apa, berikut beberapa jenis ikan hias yang menarik dan mudah dipelihara untuk Anda pertimbangkan:
1. Ikan Badut
Ikan laut tropis ini dinamai seperti ini karena garis putih belangnya yang menyerupai badut dalam opera Beijing. Ikan badut memiliki simbiosis yang tidak terpisahkan dengan Anemon laut, sehingga ikan ini juga dikenal sebagai ikan Anemon.
2. Ikan Zebra
Ikan kecil yang lembut ini sangat lincah dan mudah dirawat. Ikan ini memiliki temperamen yang rendah, sehingga dapat dicampur dengan ikan tropis lainnya dan perawatannya juga sangat mudah. Mereka bahkan bisa bertahan di air dengan suhu serendah 11-15 derajat celcius selama lebih dari tujuh hari.
3. Ikan Tembakang
Ikan tembakang tidak terlalu sulit untuk dirawat, sehingga cocok bagi para pemula yang ingin mencoba berhobi ikan. Ikan ini memiliki daya tarik dan keindahan yang menakjubkan. Selain itu, ikan ini juga membantu menjaga akuarium tetap segar dan hijau dengan menggigit sisi dinding dan tanaman.
4. Ikan Aduan Thailand
Ikan Ini populer di kalangan pemula karena tidak membutuhkan kualitas air yang tinggi dan bisa bertahan pada suhu air yang berkisar antara 21-30 derajat celcius.
5. Hiu Pelangi
Ikan ini sangat mudah beradaptasi dan mudah dipelihara, tetapi memiliki temperamen yang galak dan bisa bertarung bahkan dengan jenisnya sendiri. Ikan ini juga tidak memilih-milih makanan. Jadi sebaiknya, jangan mencampur hiu pelangi dengan jenis ikan lain yang lebih kecil.
6. Gurami Cahaya Bulan
Ikan ini sangat mudah beradaptasi dengan suhu air dan lingkungan akuarium, dengan suhu air yang paling sesuai berkisar antara 22-26 derajat celcius. Ikan ini memiliki temperamen yang lembut, menyukai lingkungan yang tenang, dan juga tidak pilih-pilih makanan.
7. Ikan Cichla
Ikan ini sangat lincah dan disukai banyak orang karena penampilannya yang cantik. Ikan ini tidak suka berkelahi dengan ikan lain dan cocok untuk dicampur dengan ikan yang tidak agresif. Mereka tidak memerlukan persyaratan lingkungan yang rumit dan mahal, tetapi umur ikan ini relatif pendek.
8. Ekor Pedang Merah
Ikan ekor pedang merah ini seluruh tubuhnya berwarna merah dan cocok sebagai ikan peliharaan. Ikan ini dapat bertahan hidup dalam air dengan kadar asam atau basa yang lemah dan tidak pilih-pilih makanan, tetapi umurnya relatif pendek yaitu hanya sekitar 2-3 tahun.
9. Tetra Hitam
Ikan ini memiliki tubuh yang pipih dengan bentuknya yang mirip berlian dan cocok untuk hidup di dalam akuarium. Tetra hitam relatif mudah dipelihara dan memiliki temperamen yang ringan, sehingga cocok untuk mereka yang kurang berpengalaman dalam memelihara ikan tropis. Ikan ini umumnya memakan pakan hidup.
10. Arwana Asia
Ikan cantik ini memiliki beragam spesies dan tidak membutuhkan kualitas air yang tinggi. Perutnya berbentuk lonjong dan berwarna kuning muda, dengan dua warna biru dan kuning pada sisinya. Ketika mereka merasa kekurangan oksigen dari dalam air, ikan arwana akan muncul ke permukaan untuk mengambil napas.
Memelihara ikan bisa menjadi hobi terapeutik serta menambah unsur keindahan pada rumah Anda. Ikan hias ini tidak hanya cantik, tetapi juga mudah dipelihara, sehingga ideal bagi pemula dan mereka yang mencari hewan peliharaan yang tidak memerlukan perawatan yang rumit.