Hubungan Saling Menguntungkan
Penelitian telah menunjukkan bahwa tinggal bersama kucing dapat memiliki efek positif pada kesehatan mental dan fisik manusia, dan efek ini dapat dikaitkan dengan penyembuhan saling kasih antara pemilik dan kucing.
Berinteraksi dengan kucing dapat membantu manusia untuk merelaksasi fisik, menurunkan tekanan darah, denyut jantung dan laju pernapasan, serta mengurangi emosi negatif seperti kecemasan dan stres. Selain itu, hidup bersama kucing juga bisa membantu meningkatkan interaksi sosial, mengurangi masalah emosi seperti kesepian dan depresi, dan meningkatkan fungsi sistem imun. Kucing juga akan mendapatkan kepuasan spiritual dan rasa aman melalui interaksi dengan pemilik mereka, dan menerima dukungan survival seperti makanan dan tempat tinggal. Jadi, pemulihan bersama antara kucing dan pemiliknya adalah hal yang nyata, dan hubungan ini tentu akan saling menguntungkan untuk kesehatan fisik dan mental kedua belah pihak.
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memelihara hewan peliharaan kucing:
1. Berikan Lingkungan yang Aman
Berikan kondisi ruangan lingkungan yang nyaman untuk kucing kecil sampai mereka dapat terbiasa dengan rumah barunya, dan biarkan mereka berada di ruangan yang tenang, serta terisolasi agar mereka dapat secara bertahap menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Jangan lupa persiapkan kotak kotoran, mangkuk air, mangkuk makanan, mainan, dll dalam ruangan ini.
2. Berikan Makanan dan Air yang Sesuai
Kucing memerlukan makanan tertentu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka yang sedang tumbuh. Konsultasikan dengan dokter hewan atau staf toko hewan untuk mengetahui makanan yang terbaik untuk kucing Anda. Ember air harus dibersihkan setiap hari dan air harus diganti secara teratur.
3. Pemeriksaan Kesehatan Rutin
kucing kecil mungkin membutuhkan vaksinasi dan pengobatan cacing. Direkomendasikan untuk membuat janji dengan dokter hewan secepatnya agar mereka dapat mengeksaminasi kesehatan kucing Anda dan menentukan apakah perlu dilakukan tindakkan perawatan atau pencegahan lebih lagi.
4. Siapkan Mainan dan Aktivitas yang Sesuai
Kucing kecil suka bermain, jadi Anda dapat berikan mereka mainan seperti bola, tikus mainan, dll. Ini tidak hanya akan membuat mereka bahagia, tetapi juga akan membantu mereka berolahraga dan berkembang secara baik.
5. Beri Banyak Perhatian dan Cinta
Kucing kecil memerlukan banyak perhatian dan pelukan. Pelukan dan kegiatan bermain secara teratur sangat disarankan untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan mereka. Ini akan membantu membangun hubungan hewan peliharaan dan pemilik yang sehat, selain itu hal ini dapat membuat kucing kecil merasa aman dan nyaman.
Selain yang sudah disebutkan sebelumya diatas, ada beberapa poin-poin lainnya yang juga perlu diperhatikan sebagai berikut:
1. Saat memilih makanan kucing, Anda harus memilih makanan kucing berkualitas tinggi, dan komposisinya harus mengandung protein hewan, lemak alami, dan berbagai nutrisi yang diperlukan. Hindari memberi makan kucing makanan yang mengandung aditif buatan, warna, dan rasa.
2. Untuk pemberian jenis makanan kucing, mereka harus makan makanan khusus hewan kucing kecil, bukan makanan untuk kucing dewasa. Karena kebutuhan kucing akan berbeda sesuai usia perkembangannya, nutrisi di dalam makanan kucing kecil tidak akan sama dengan makanan kucing dewasa.
3. Kebiasaan pola makanan kucing juga harus dipertahankan secara teratur dan lakukan diet kuantitatif. Kebiasaan makan kucing sangat penting, terutama untuk kucing kecil. Makan teratur dan kuantitatif yang baik dapat membantu kucing kecil mengembangkan kebiasaan pola makan yang sehat dan hal ini tentu akan sangat membantu mencegah resiko kegemukan atau obesitas pada hewan peliharaan Anda.
4. Kucing harus selalu memiliki banyak air untuk diminum. Minum cukup air dapat membantu menjaga kucing agar tetap fit dan sehat, serta dapat membantu mereka mempermudah dalam mencerna makanan, dan mencegah masalah kesehatan seperti batu ginjal.
5. Jika perlu untuk mengubah jenis makanan kucing sesuai perkembangannya, pertukaran makanan harus dilakukan secara bertahap untuk menghindari resiko efek negatif pada sistem pencernaan kucing. Pertambahan secara bertahap proporsi makanan baru hingga makanan lama sepenuhnya digantikan.
Kesimpulannya, jika Anda ingin memelihara hewan peliharaan kucing, maka sebaiknya Anda harus memahami pengetahuan-pengetahuan seputar kucing terlebih dahulu, dengan demikian, pemilik akan memiliki hubungan yang harmonis dengan hewan peliharaannya, serta pemilik dapat menjaga kucing dengan baik.