Bulu Tangkis
Selain sepak bola, bulu tangkis menjadi salah satu olahraga favorit di Indonesia. Bisa dimainkan secara tunggal atau ganda, bulu tangkis selalu menarik perhatian dan begitu asyik buat dimainkan.
Menontonnya saja, membuat jantung kita berdegup kencang. Apalagi, kalau main langsung. Tapi, sebelum kamu main, harus paham soal peraturan permainan ini di atas lapangan.
Paham aturan juga penting ya. Meski teknik dan strateginya bagus, kalau tak paham aturan, ya percuma juga.
Berikut peraturan umum bermain bulu tangkis:
1.Lapangan Bulu Tangkis
Dikutip dari buku 'Mahir Bulu Tangkis' karya Hermawan Aksan, lapangan bulu tangkis harus berbentuk persegi panjang dengan panjang 13,4 meter dan lebar 6,1 meter untuk permainan ganda dan 5,18 meter untuk tunggal.
Lapangan tersebut harus dibagi dua dengan batas sebuah net. Terdapat juga wilayah servis yang ditandai dengan garis melintang 1,98 meter dari net. Untuk ganda, servis berjarak 0,76 meter dari garis belakang.
Selanjutnya, ketinggian net harus mencapai 1,55 meter di tepi dan 1,5424 meter di bagian tengah. Jaring net harus berwarna gelap kecuali di bibir jaring harus berwarna putih.
2.Peraturan Bulu Tangkis Pelengkap
Untuk bermain bulu tangkis, peserta harus dilengkapi dengan raket dan kok. Untuk raket tidak ada aturan yang pasti hanya saja nyaman dipakai oleh peserta.
Kemudian, untuk kok peraturan bulu tangkis diterapkan oleh badan federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Adapun, karakteristiknya harus memiliki 16 buah bulu dengan panjang 62 sampai 70 mm.
Kemudian, kok juga harus memiliki diameter antara 58 sampai 68 mm, pangkal kok terbentuk setengah bola dengan diameter 25 sampai 28 mm, dan terakhir berat kok seluruhnya harus 4,47 gram dan 5,50 gram.
3.Peraturan Bulu Tangkis Ganda
Setiap permainan bulu tangkis memiliki aturannya, salah satunya adalah peraturan bulu tangkis ganda.
Peraturan bulu tangkis ganda bisa anda baca di bawah ini. ada beberapa peraturan yang harus anda taati.
Ketika kita menservice bola kok pertama, maka yang harus kita lakukan adalah dari bidang sebelah kanan.
Service pertama telah di tentukan sebelum permainan di mulai. Pemain lawan yang berdiri secara diagonal akan menerima service dari pemain yang berada di bidang sebelah kanan.
Pemain yang hanya boleh menerima bola atau shuttlecoock adalah pemain yang berdiri secara diagonal di hadapan pemain yang melakukan service terhadap daerah lawan.
Apabila, penerima service bukan orang yang sedang beriri secara diagonal dan berhadapan dengan pemain service, maka point akan di berikan kepada tim yang melakukan service.
Jadi, kesimpulannya, jangan sampai pemain lain yang tidak berhadapan dengan pservice, mencoba untuk mendapatkan bola kok tersebut.
4.Peraturan Bulu Tangkis Pertandingan Tunggal
Ada perbedaan peraturan bulu tangkis ganda dengan bulu tangkis tunggal. Pada peraturan bulu tangkis tunggal bisa di baca di bawah ini :
Apabila nilai pelaku service itu 0, maka pemain akan melakukan atau menerima service pada bidang lapangan sebelah kanan. Atau kalau memang tidak angkanya nol, bisa dengan bilangan genap seperti2,4 6 dan seterurnya.
Pemain akan melakukan service pada bidang lapangan sebelah kiri apabila nilai pelaku service tersebut adalah bilangan ganjil. Conohnya angka 1,3,5 dan seterusnya.
Jika mendapatkan poin saat bermain di lapangan, maka kedua pemain akan mengubah posisi dari bidang lapangan. Kalau sebelumnya berada di bidang kiri, maka ketika mendapatkan poin, ia akan berpindah ke sebelah kanan.
Semoga Anda menikmati artikel ini!