Manfaat Jogging
Jogging bisa disebut aktivitas lari kecil yang umumnya memiliki tujuan untuk menjaga kesehatan kita. Banyak orang yang mengistilahkan jogging sama dengan lari santai. Namun jogging berbeda dengan aktivitas lari.
Dr, George Sheehan yang merupakan pakar di bidang jogging mendefinisikan jogging adalah aktivitas berlari dengan kecepatan di bawah 6 mil/jam atau sekitar 9,7 km/jam. Di luar kecepatan itu bisa disebut lari.
Kini jogging sudah seperti menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Berbagai manfaat bisa di dapatkan ketika melakukan aktivitas ini, diantaranya sebagai berikut:
1. Meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh
Jogging mampu memperkuat respons tubuh terhadap penyakit. Hal ini berlaku pada penyakit jangka pendek seperti infeksi saluran pernapasan atas, dan penyakit jangka panjang seperti diabetes.
Tak hanya itu, aktivitas ini merangsang produksi limfosit dan makrofag yang melawan infeksi dalam tubuh, termasuk infeksi bakteri ataupun virus.
2. Menurunkan berat badan
Rutin melakukan jogging setiap hari dapat membantu mencegah kelebihan berat badan atau obesitas. Setengah jam jogging dipagi hari dapat membakar sekitar 300 kalori.
Jogging tidak hanya membakar lemak, melainkan juga membantu mempertahankan berat badan.
3. Mengurangi risiko terkena penyakit kronis
Dengan rutin melakukan olahraga kardio seperti jogging, Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit kronis seperti obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes mellitus dan beberapa jenis kanker.
4. Baik untuk sistem pernapasan
Manfaat jogging kali ini sama seperti Latihan aerobic lainnya. Jogging akan membantu meningkatkan kapasitas paru-paru. Selain itu, rutin jogging di pagi hari akan memperkuat otot-otot pada sistem pernapasan.
Hal ini akan memastikan bahwa paru-paru dapat mengambil lebih banyak oksigen untuk tubuh. Selain itu, ini juga akan membuat paru-paru menghilangkan karbon dioksida lebih efisien dari biasanya,
Manfaat jogging akan meningkatkan daya tahan otot pernapasan. Terlebih jika jogging di pagi hari. Mengingat bahwa udara pada pagi hari masih segar.
Udara pada pagi hari umumnya masih jauh dari polusi udara. Maka tidak akan menyebabkan gangguan pada pernapasan. Ini akan memberikan manfaat lebih banyak bagi tubuh.
5. Menjaga kesehatan jantung
Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting untuk tubuh. Bahkan, dapat dikatakan bahwa jantung adalah organ utama di dalam tubuh. Jantung berfungsi untuk memompa darah.
Darah tersebut akan mengalir ke seluruh tubuh. Seperti yang diketahui, di dalam darah terdapat banyak kandungan. Seperti nutrisi yang baik untuk tubuh.
Maka dari itu, kesehatan jantung harus selalu dijaga. Konsumsilah makanan yang baik untuk jantung. Kamu juga harus menghindari makanan yang terlalu berlemak, itu akan membuat kondisi jantung menjadi kurang baik.
Semoga Anda menikmati artikel ini!