Kentang Lezat
Kentang milik keluarga Solanaceae, yang merupakan tumbuhan tahunan dengan umbi yang dapat dimakan dan merupakan tanaman pangan terpenting keempat di dunia. Mereka adalah yang kedua setelah gandum, beras, dan jagung.
Kentang memiliki nama yang berbeda di berbagai negara. Amerika Serikat disebut jicama Irlandia, Prancis mereka dikenal sebagai apel giling, Jerman mereka disebut pir tanah, Italia disebut sebagai kacang tanah, dan di Peru disebut Baba. Kentang, gandum, beras, jagung, dan sorgum dianggap sebagai lima tanaman teratas dunia.
Kentang memiliki lebih banyak manfaat daripada nasi dan tepung, serta dapat memasok energi panas dalam jumlah besar ke tubuh manusia, menjadikannya "makanan yang sempurna". Kentang dan susu saja sudah cukup bagi manusia untuk mempertahankan hidup dan menjaga kesehatan. Karena kandungan nutrisi kentang yang lengkap dan struktur nutrisi yang relatif tinggi, kentang sangat bermanfaat bagi kesehatan, meskipun kandungan protein, kalsium, dan vitamin A-nya sedikit lebih rendah. Namun, hal ini bisa dikompensasi dengan mengonsumsi susu murni.
Kandungan air dalam kentang mencapai 70%, dan kandungan patinya hanya sekitar 20%. Apalagi kentang hanya mengandung 0,1% lemak alami, yang tak tertandingi oleh makanan lain yang bisa dijadikan makanan pokok. Kentang kaya akan serat makanan lunak. Selulosa dalam kentang memiliki berat jenis yang kecil dan volume besar, yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan mengisi rongga perut setelah makan, sehingga memperpanjang waktu pengosongan lambung dan menimbulkan rasa kenyang.
Kentang dapat di konsumsi dengan berbagai cara penyajian, diantaranya yakni keripik kentang panggang. Cara pembuatannya sangat mudah dan tidak memerlukan keterampilan memasak khusus dan tentunya tidak memerlukan waktu yang lama untuk penyajiannya.
Bahan-Bahan:
2 buah kentang, sedikit garam, dan minyak zaitun secukupnya.
Langkah-Langkah:
1. Siapkan dua kentang dan kupas untuk digunakan nanti.
2. Potong kentang menjadi potongan yang sedikit lebih tebal dari sumpit.
3. Bilas kentang dalam air dingin sebanyak tiga kali untuk menghilangkan pati di permukaannya.
4. Rebus kentang dalam air mendidih selama tiga menit, tiriskan airnya, dan angkat.
5. Masukkan kentang ke dalam mangkuk, tambahkan sedikit garam dan minyak zaitun, aduk rata.
6. Sebarkan selapis kertas timah di atas loyang, letakkan potongan kentang secara merata di atasnya, dan masukkan ke dalam oven.
7. Atur suhu ke 210°C selama 30 menit. Keluarkan keripik kentang dari oven, dan sajikan dengan garam atau saus tomat.
Cara penyajian kentang lainnya, ialah kentang tumbuk. Cara pembuatanya yang pertama tentunya gunakan kentang sebagai bahan mentahnya, tambahkan beberapa bumbu yang sesuai, masak dalam wadah, dan haluskan dengan alat. Cara lainnya, rebus kentang terlebih dahulu, kupas, dan haluskan hingga menjadi hancur, lalu tambahkan bahan bumbu penyedap lainnya dan aduk hingga rata untuk dijadikan hidangan.
Bahan-Bahan:
2 buah kentang, sedikit garam, mentega, dan krim kocok.
Langkah-Langkah:
1. Pertama, bersihkan dua kentang dan kukus.
2. Selagi kentang masih panas, haluskan dengan alat penghancur atau blender agar lebih lembut.
3. Tambahkan sedikit mentega untuk menambah rasa susu. Jika tekstur kentang sedikit lebih kering, tambahkan krim kocok atau susu (sekitar 100ml).
4. Tambahkan sesendok garam. Jika Anda lebih suka rasa manis, tambahkan sedikit gula putih sebagai pengganti garam.
5. Hidangan siap disajikan.