Seni Pada Kopi Latte
Latte art adalah seni cara membuat pola dengan buih susu pada cappucino atau latte yang dapat membuat minuman kopi Anda terlihat lebih kreatif dan unik. Apabila Anda ingin mempelajari cara membuat seni pada kopi latte, maka ikuti langkah-langkah sebagai berikut.
Cara-Cara Membuat Buih Susu:
1. Tuang susu ke dalam buih susu, jangan melebihi 1/2 buih susu, jika tidak, susu akan meluap karena mengembang saat proses pembuatan buih susu.
2. Panaskan susu hingga sekitar 60 derajat, tetapi tidak lebih dari 70 derajat, jika tidak struktur protein susu akan hancur. Jangan lupa tutup dan ingat bahwa saringan tidak boleh dipanaskan secara langsung.
3. Tutup tutupnya dengan saringan dan segera pompa saringan untuk menekan udara masuk ke dalam susu, jangan diarahkan ke bawah dan jangan terlalu sering, cukup pompa perlahan sekitar tiga puluh kali.
4. Lepas tutupnya dan saring, serta gunakan sendok guna untuk mengikis buih susu yang kasar di permukaannya, lalu tinggalkan buih susu yang padat.
Metode Seni Pada Kopi Latte:
1. Brew Espresso, disarankan langsung masukan Espresso di cangkir yang diinginkan. Jika ada buih susu yang kasar di permukaannya, harap dibuang.
2. Tuang buih secara perlahan ke dalam Espresso yang sudah jadi. Saat buih sudah tercampur rata dengan Espresso, permukaannya akan kental, inilah saatnya untuk mulai menarik, biasanya gelas sudah setengah penuh.
3. Awal dari gerakan menarik adalah menggoyangkan pergelangan tangan Anda dari satu sisi ke sisi lainnya sambil memegang kaca penarik, lalu fokus pada goyangan horizontal yang stabil di pergelangan tangan secara bolak-balik. Perlu diketahui bahwa gerakan ini murni membutuhkan kekuatan pergelangan tangan, bukan seluruh lengan yang bergerak bersamaan. Saat pengocokan sudah benar, jejak gelembung susu "zigzag" putih akan mulai muncul di cangkir.
4. Gerakkan cangkir secara bertahap ke belakang serta kurangi jarak guncangan, dan terakhir, tutup cangkir dengan menarik garis lurus tipis di depan cangkir untuk menarik batang daun ke dalam cangkir.
Jika Anda menuangkan buih susu dengan mantap dari tengah gelas, maka Anda akan mendapatkan pola yang menyebar keluar dari tengah.Tetapi jika tidak tepat di tengah, momentum buih yang dituangkan ke dalam kopi akan menciptakan garis panjang yang canggung, seperti ular. Tentu saja, menarik kopi membutuhkan pengalaman, tetapi degan banyak berlatih tentunya teknik ini akan menjadi sempurna, dan tentunya Anda dapat berhasil dalam membuat secangkir kopi yang enak dan nikmat!