Kentang Goreng Renyah
Banyak orang menyukai kentang goreng, tidak hanya anak-anak tetapi orang dewasa juga banyak yang suka, ini tentu dikarenakan rasanya yang harum dan renyah saat dimakan, yang membuat hidangan ini terasa sangat nikmat.
Kami akan berbagi dengan Anda bagaimana cara membuat kentang goreng yang enak dirumah, jadi Anda tidak perlu lagi keluar rumah hanya karena ingin membeli kentang goreng. Sekarang Anda bisa melakukannya sendiri dirumah, tentunya buatan sendiri akan lebih murah, enak dan higienis.
Saat Anda ingin membuat kentang goreng sendiri, maka Anda dapat ikuti langkah-langkah pembuatan kentang goreng sebagai berikut:
1. Siapkan beberapa kentang, lalu bentuk lonjong seperti potongan kentang pada umumnya, agar kentang goreng terlihat enak dan enak.
2. Kupas kentang dan bilas hingga bersih, lalu potong kentang tipis dan tebal tetapi jangan terlalu tipis, kalau Anda ingin memotongnya sedikit lebih tebal juga boleh, sesuai selera masing-masing.
3. Didihkan air panci, lalu tambahkan sesendok garam dan tuangkan kentang ke dalam panci, dan selanjutnya lanjutkan memasak dengan api besar sebentar sebelum mengeluarkannya, hindari temperatur yang terlalu panas agar tidak terlalu matang.
4. Bilas potongan kentang di bawah keran untuk mendinginkannya.
5. Kemudian biarkan kentang mengering di area berventilasi dan taburkan sedikit tepung kering di atas kentang, aduk rata untuk melapisi permukaannya.
6. Masukkan kentang ke dalam freezer dan bekukan sampai keras, lalu Anda bisa meninggalkannya didalam kulkas semalaman.
7. Panaskan minyak dalam wajan dan kecilkan api menjadi sedang sampai kecil saat mencapai 60% atau 70%, lalu masukkan kentang ke dalam wajan dan goreng hingga berwarna cokelat keemasan.
8. Terakhir, kentang goreng enak dan renyah sudah bisa dihidangkan. selamat mencoba!
Beberapa poin yang harus diperhatikan saat membuat kentang goreng sendiri sebagai berikut:
1. Potongan kentang tidak langsung dituangkan ke dalam panci penggorengan, tetapi dimasukkan ke dalam panci berisi air hingga mendidih, lalu dibungkus dengan kanji dan dimasukkan ke dalam freezer beku terlebih dahulu. Setelah diproses, kentang goreng yang dibekukan akan banyak kehilangan air sehingga akan lebih renyah saat digoreng, sedangkan jika digoreng langsung tidak akan renyah dan garing saat digoreng.
2. Saat menggoreng kentang goreng, Anda juga harus memperhatikan fakta bahwa minyaknya tidak boleh dingin atau terlalu panas. Kalau tidak, maka akan sulit menggoreng kentang goreng Anda berhasil.
Kentang goreng cocok dengan saus tomat. Tomat sangat rendah kalori, tetapi saus tomat yang telah mengalami banyak pemrosesan dan penambahan gula, garam, pengental, dan penyegar, sebenarnya tidak memiliki kandungan rendah kalori. Beberapa orang tidak hanya suka mencelupkan kentang goreng ke dalam saus tomat, tetapi juga memilih untuk makan saus tomat saja guna memuaskan hasrat mereka karena rasanya yang manis dan asam, meyakinkan diri mereka sendiri bahwa itu semua adalah tomat dan harus dianggap sebagai suplemen vitamin. Namun nyatanya, setelah diolah, vitamin C dan serat makanan pada tomat memiliki nilai gizi yang sangat rendah. Saus tomat dan kentang goreng merupakan pasangan hidangan favorit di Amerika. Satu survei menunjukkan bahwa 97% rumah tangga Amerika memiliki sebotol saus tomat di dapur mereka. Di antara sekian banyaknya jenis saus, ini menunjukkan saus tomat telah menjadi pilihan pertama dalam industri makanan cepat saji karena murah, mudah disimpan, dan memenuhi setiap selera sebagian besar masyarakat.