Manfaat Buah Raspberry
Raspberry adalah salah satu buah jenis beri dengan warna yang memikat dan rasa yang manis. Tak hanya itu, banyak penelitian telah membuktikan manfaat raspberry bagi kesehatan. Ini berkat kandungan antioksidan, serat, vitamin, mineral, dan nutrisi penting lain yang ada di dalamnya.
Buah raspberry memiliki beberapa manfaat, di antaranya untuk menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, serta membuat kulit lebih sehat serta bercahaya.
Untuk lebih jelasnya, simak beragam manfaat buah raspberry bagi kesehatan berikut ini:
1. Bagus untuk Otak
Beberapa penelitian pada hewan telah memperlihatkan hubungan positif antara  konsumsi flavonoid pada buah raspberry dengan perbaikan memori.
Oleh sebab itu, jika Anda ingin memiliki otak yang tetap sehat hingga tua nanti, mulailah untuk mengonsumsi raspberry secara rutin.
2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan kaya flavonoid, seperti raspberry, menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.
Flavonoid yang terkandung pada raspberry, khususnya anthocyanin, juga terbukti dapat menekan inflamasi yang bisa memicu penyakit kardiovaskular.
3. Menurunkan berat badan
Karena rendah kalori dan tinggi serat serta nutrisi, raspberry menjadi salah satu buah yang cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan.
Karena kaya serat dan protein, buah ini bisa membuatmu kenyang lebih lama, sehingga kamu terbantu dalam mengontrol nafsu makan. Dengan begitu, kamu tidak akan makan atau ngemil berlebihan.
Namun, untuk mendapatkan berat badan ideal, kamu tidak bisa hanya mengandalkan raspberry. Kamu juga perlu rutin berolahraga dan menjalani diet yang tepat agar berat badanmu bisa turun dan terkontrol.
4. Mengontrol kadar gula darah
Mengonsumsi raspberry bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Buah ini memiliki kadar indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan menaikkan gula darah secara drastis ketika kamu mengonsumsinya. Dengan gula darah yang terkontrol, kamu akan terhindar dari resistensi insulin dan diabetes.
5. Menjaga kesehatan kulit
Memiliki kulit yang sehat tentu menjadi idaman banyak orang. Untuk mewujudkannya, kamu bisa rutin mengonsumsi raspberry. Buah ini kaya akan antioksidan dan nutrisi, seperti vitamin A dan vitamin C, yang baik untuk kesehatan kulit.
Kandungan nutrisi dan beragam senyawa pada raspberry juga baik untuk mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini kulit. Berkat kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi, buah ini baik dikonsumsi untuk mendukung produksi kolagen.
6. Menjaga kesehatan tulang dan sendi
Raspberry mengandung kalsium, protein, dan antioksidan resveratrol. Kandungan nutrisi dan senyawa tersebut baik untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang. Selain itu, buah raspberry juga mengandung zat antiradang yang dapat mencegah dan meringantkan gejala radang sendi.
7. Mencegah kanker
Buah raspberry merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Kandungan ini bisa mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas. Antioksidan juga diketahui dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.
Dengan banyaknya manfaat buah rapsberry, kini kamu bisa mulai memasukkan buah ini ke dalam menu diet sehari-hari. Rapsberry bisa dinikmati dengan berbagai cara, baik dimakan secara langsung, diolah menjadi jus atau smoothie, maupun sebagai campuran pada hidangan lain, seperti yoghurt, salad, atau sereal.
Meski bermanfaat, kamu jangan hanya mengandalkan buah raspberry saja untuk menunjang kesehatan, ya. Tetaplah mengonsumsi beragam jenis makanan sehat, rutin berolahraga, beristirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik untuk mendapatkan tubuh yang sehat.
Perlu diingat juga, meski jarang terjadi, ada sebagian orang yang bisa mengalami reaksi alergi terhadap buah raspberry. Reaksi alergi ini lebih berisiko terjadi pada orang yang memiliki riwayat alergi terhadap buah beri jenis lain, seperti stroberi atau blueberry.
Oleh karena itu, jika kamu memiliki riwayat alergi makanan, terutama terhadap buah beri, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk memastikan apakah raspberry aman untuk kamu konsumsi. Begitu juga bila kamu mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi raspberry.