Permen Lolipop
Permen lolipop merupakan salah satu jenis permen yang disukai banyak orang. Awalnya, itu adalah permen keras yang menempel pada tongkat kecil. Belakangan, banyak variasi yang lebih enak dan menyenangkan .Tidak hanya anak-anak yang menyukai permen lolipop, beberapa orang dewasa yang masih berjiwa muda juga menyukainya. Jenis permen lolipop antara lain permen gel, permen keras, permen susu, cokelat, serta campuran susu dan buah.
Pada tahun 1958, Enrique Bernat Fugliadoza adalah penemu permen lolipop yang terkenal di dunia dan yang pertama kali memperkenalkan permen jenis ini dengan tongkat dan membuat perusahaan permen yang hampir tidak beroperasi menjadi rugi. Bagi sebagian orang, memegang permen di mulut mereka dengan tongkat permen menyembul di antara bibir mereka telah menjadi tanda yang trendi dan menyenangkan. Perusahaan milik keluarga Spanyol yang membuat lolipop menghasilkan 4 miliar lolipop setahun. Ini memiliki banyak cabang dan pabrik di seluruh dunia yang mempekerjakan hampir 2000 orang. Mereka menghasilkan lebih dari 50 variasi lolipop, termasuk lolipop pedas untuk pasar Meksiko.
Beberapa jenis permen lolipop sebagai berikut:
1. Lolipop Keras
Permukaan permen yang keras dan rapuh harus berwarna cerah dan transparan, tidak lengket pada kertas pembungkus dan bebas dari gelembung udara besar dan kotoran. Permen renyah harus berwarna putih atau memiliki warna yang seharusnya dimiliki varietas ini, renyah, tidak lengket pada gigi dan kertas, serta memiliki pori-pori yang seragam di bagian tersebut.
2. Permen Lolipop Susu
Permen ini harus memiliki permukaan yang halus, rasa yang lembut dan enak, kekerasan sedang, tidak lengket pada gigi, tidak lengket pada kertas, dan elastis.
3. Permen Non-Colloidal
Memiliki profil permukaan yang halus, kristalisasi seragam, tidak ada kekasaran, kekerasan sedang, tidak lengket ke gigi dan kertas.
4. Lolipop Lemak Susu
Permen ini memiliki permukaan halus, rasa halus, dilumasi, lembut dan keras, tidak lengket di gigi, tidak lengket di kertas, enak dikunyah, dan bebas dari kotoran.
5. Permen Sandy
Permukaan halus, kekerasan sedang, seragam dan kristal halus di bagian permennya, tidak lengket pada gigi, tidak lengket pada kertas, tidak kasar, dan bebas dari kotoran.
6. Lollipop Lunak
Permen jenis ini lembut dan sedang, tidak lengket di gigi, tidak ada kulit yang keras. Diantaranya, permen lunak kristal berwarna cerah dan transparan, tidak terlalu lunak, dan sedikit elastis, serta permukaan permen yang berwarna-warni tertutup rapat dengan gula pasir halus yang memiliki lapisan menyegarkan yang seragam, lembut dan menyegarkan. bentuknya tembus cahaya, dan sirup sorgum di dalamnya elastis dan dapat diregangkan serta dapat ditarik kembali ke bentuk aslinya saat diregangkan setengahnya.
7. Permen Jenis Gelatin
Permukaannya halus dan lembut, tanpa gelembung permukaan yang berkerut, penuh elastisitas, dan nyaman di mulut.
Selain itu lolipop juga memiliki manfaat tertentu, yaitu:
1. Menyediakan Energi
Gula adalah sumber energi utama bagi kita manusia. Jantung, otak, sistem saraf pusat, sel darah merah, dan jaringan serta sel penting lainnya membutuhkan energi darinya.
2. Membawa Kesenangan
Saat orang makan gula, maka kandungan gula akan memicu pelepasan neuron dopamin di otak dan neuron ini merangsang ujung saraf yang membuat orang merasa senang dan bahagia.
3. Efek Anti-Ketogenik
Oksaloasetat yang dihasilkan oleh metabolisme gula dalam tubuh dapat bergabung dengan gugus asetil yang dihasilkan oleh metabolisme lemak dalam tubuh, dan kemudian memasuki siklus asam trikarboksilat untuk mengoksidasi lemak sepenuhnya. Efek metabolik ini mencegah ketonemia yang disebabkan oleh akumulasi keton yang berlebihan di dalam tubuh.