Perjalanan Wisata Pulau Bali
Bali adalah sebuah pulau surga yang menawarkan ketenangan dari kehidupan kota yang sibuk. Dengan klub pantai yang indah, pegunungan yang indah, vila-vila pribadi dengan kolam renang, dan masakan otentiknya, maka tidak heran Bali selalu menjadi tujuan liburan yang populer.
Berikut beberapa tempat populer yang layak dikunjungi dan dapat dilakukan di Bali:
1. Tanah Lot
Berada di atas batu besar, Tanah Lot adalah salah satu kuil paling terkenal di Bali, tempat dimana penduduk lokal setempat memuja dewa laut. Kuil ini terletak di pantai, menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari ombak yang memecahkan di pantai dengan pemandangan matahari terbenam di kejauhan. Untuk mengambil foto sempurna, pergilah ke batu yang dinaikkan di sebelah kanan kuil saat matahari terbenam. Warna kekuningan dari matahari terbenam yang digabungkan dengan ombak dilaut membuat pemandangan menjadi lebih spektakuler.
2. Kuta
Terletak di ujung selatan Bali, Kuta adalah pantai paling terkenal di pulau ini, terkenal dengan kegiatan berselancar dan kehidupan malamnya. Pantai ini datar dengan ombak besar, menjadikannya surga bagi peselancar. Ada banyak sewa papan selancar dan instruktur selancar yang tersedia di sepanjang pantai. Kuta juga merupakan rumah bagi bandara Bali dan hanya berjarak 15 menit dengan mengendarai mobil.
3. Pura Luhur Uluwatu
Pura Luhur Uluwatu, juga dikenal sebagai "Tebing Kasih," memiliki legenda menarik. Menurut cerita, sepasang kekasih yang terhalang oleh orang tua mereka untuk bersama, melompat ke laut dan tenggelam di sana. Kemudian dibangunlah Pura Poseidon di atas tebing yang menghadap ke laut yang kasar tersebut. Legenda lain mengatakan bahwa pada zaman kuno, seorang pelaut membuat marah dewa laut, yang kemudian menimbulkan gelombang besar dan melemparkan kapal ke pantai, dimana telah membentuk penampakan tebing tersebut. Pura Poseidon ini dibangun seluruhnya dari granit keras pada abad ke-11, dan ini merupakan pemandangan yang luar biasa.
4. Ubud
Terletak di bagian tengah selatan Bali, Ubud adalah pusat seni dan budaya, yang berada jauh dari pantai. Kota ini dikelilingi oleh sawah yang hijau dan luas, menciptakan suasana yang damai dan indah. Di sepanjang jalan terdapat toko-toko seni dan museum yang menampilkan warisan seni dan budaya Bali yang kaya, termasuk lukisan, patung, musik, tari, fotografi, dan arsitektur. Ubud juga merupakan tujuan populer bagi orang Barat yang tinggal di Bali, dan tempat di mana film "Eat Pray Love" difilmkan.
5. Gunung Berapi Kintamani
Kintamani adalah daerah dataran tinggi di pegunungan utara Bali, dengan jarak 68 kilometer dari Denpasar. Ini berpusat di sekitar Gunung Batur, gunung setinggi 1717 meter yang merupakan salah satu tempat dingin di Bali. Bukit-bukit di sekitar Kintamani memiliki banyak restoran di mana Anda dapat mencoba hidangan lokal yang unik untuk daerah tersebut.
6. Pura Ulun
Juga dikenal sebagai Pura Ulun Danu, ini adalah pura yang paling unik di Bali. Terletak di tepi Danau Beratan dan menampilkan perpaduan gaya Hindu dan Buddha. Pura ini adalah pura air, yang didedikasikan untuk Dewi Danau, yang merupakan dukungan spiritual bagi masyarakat setempat. Selain itu, di dekat pura juga terdapat Taman Botani Laila yang wajib dikunjungi.