Arsitektur Dubai
Dubai terkenal dengan arsitekturnya yang mengesankan dan inovatif, serta terdapat banyak bangunan dan struktur unik yang membuat kota ini lebih menonjol. Berikut adalah beberapa bangunan paling terkenal dan mencolok di Dubai yang patut dijelajahi:
1. Burj Khalifa
Burj Khalifa adalah bangunan ikonik yang berdiri setinggi 828 meter, sehingga menjadikannya bangunan tertinggi di dunia yang memiliki total 163 lantai, dan memiliki lift tercepat di dunia dengan kecepatan 17,5 meter per detik. Hanya membutuhkan waktu sekitar 70 detik untuk dapat mencapai dek observasi lantai 124. Bangunan ini juga memiliki pusat perbelanjaan besar dengan sekitar 1.200 toko, 150 restoran, dan fasilitas lainnya, menjadikannya area yang berfungsi penuh.
2. Dubai Marina
Dubai Marina adalah pengembangan tepi laut yang indah, dan menampilkan deretan gedung pencakar langit hingga apartemen kelas atas. Pada malam hari, area tersebut diterangi dengan lampu terang sehingga menciptakan tampilan visual yang memukau. Berjalan-jalan disepanjang jalan setapak sepanjang satu kilometer adalah cara yang bagus untuk menikmati pemandangan malam Dubai yang indah.
3. Pencakar Langit Dinamis
Dubai adalah rumah bagi gedung pencakar langit berputar pertama di dunia yang dapat menghasilkan tenaga angin. Bangunan ini adalah prestasi teknik sejati, karena dapat berputar dan "menari" di udara sehingga menciptakan pemandangan yang futuristik dan menawan.
4. Grand Pyramid of Dubai
Terinspirasi dari piramida Mesir, Grand Pyramid of Dubai adalah interpretasi modern yang memaksimalkan ruang. Dua bangunan berbentuk piramida yang lebih kecil di kedua sisinya berfungsi sebagai kantor pengembang dan ruang komersial sehingga menjadikannya taman hiburan dan pemandangan yang patut dilihat.
5. Menara Lilin Dubai
Menara Lilin Dubai adalah keajaiban teknik yang menyerupai lilin yang berkelap-kelip dari lantai 54 hingga lantai 97. Ini menampilkan berbagai fasilitas, termasuk area ritel, hiburan, dan perumahan sehingga menciptakan komunitas yang dinamis dan bersemangat.
6. Hotel Burj Al Arab
Hotel Burj Al Arab adalah hotel ikonik yang terlihat seperti perahu layer yang berdiri di atas pulau buatan di Teluk Persia. Hotel ini memiliki 56 lantai dan ketinggian 321 meter. Hotel ini terkenal akan kemewahannya, sehingga menjadikannya simbol kemewahan Arab dan landmark Dubai.
7. Pulau Palm
Pulau Palm adalah prestasi arsitektur dengan teknik yang luar biasa yang terdiri dari lebih dari 300 pulau dengan berbagai ukuran dan bentuk. Proyek pulau buatan manusia ini menelan biaya sekitar 14 miliar dolar AS dan sangat mendorong industri pariwisata Dubai, sehingga menjadikannya salah satu tujuan wisata paling populer di dunia.
Dubai adalah kota dengan kemajuan inovasi dan desain, dimana bangunan-bangunan tersebut merupakan bukti dari kreativitas oleh hasil karya arsitektur yang luar biasa.