Savana Terindah di Dunia
Guys, apakah kamu pernah mengunjungi savana? Nah, savana adalah padang rumput yang dipenuhi oleh semak dan terdiri atas beberapa jenis pohon yang tumbuh dan menyebar.
Sistem biotik ini biasanya terbentuk di antara daerah tropis dan subtropi. Hamparan padang rumput ini membentang luas dan akan sangat menyejukkan karena keindahannya sejauh mata memandang.
Di dunia ini, terdapat beberapa hamparan padang rumput yang indah tempat hidup makhluk hidup seperti satwa dan spesies tumbuhan yang beraneka ragam. Salah satu padang rumput savana ini ada juga yang terletak di Indonesia, lo. Lalu, di mana sajakah tempatnya? Yuk, kita cari tahu!
1.The Fynbos, Afrika Selatan
Padang rumput seluas 90 ribu kilometer persegi di tepi pantai Afrika Selatan ini dipenuhi tanaman fynbos. Uniknya, lokasi padang rumput inii dekat dengan pegunungan, lembah, dan pantai. Selain rerumputan, padan ini dihiasi keanekaragaman bunga. Lebih dari 9.000 spesies tanaman hidup di kawasan ini. Kebanyakan jenis tanamannya merupakan vegetasi fynbos asli.
Dari semua spesies fynbos yang terdaftar ke bunga nasional negara Afrika, king protea jadi yang paling populer. Sebagian di antaranya bahkan telah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Sayangnya, seperti disebut di laman WWF, kini ada 1.700 spesies tanaman fynbos yang terancam punah. Terutama pohon wattle dan akasia dari Australia.
2.Hitachi Seaside Park, Jepang
Taman ini terkenal dengan bunga baby blue-eyes yang mekar sebanyak 4,5 juta bunga berwarna biru bening di musim semi yang sangat menarik wisatawan. Selain itu pula, taman ini menampilkan spesies bunga bakung, varietas tulip, dan banyak bunga lainnya.Selain hamparan kehijauan, kamu akan menyaksikan pemandangan serba biru jika mengunjungi taman yang satu ini. Tak mengherankan jika banyak pelancong yang menambahkan tempat ini ke daftar destinasi yang wajib dikunjungi.
3. Padang Rumput Semeru, Indonesia
Tak kalah memesona dari padang rumput dekat pantai, padang rumput di sekitar Gunung Semeru juga menakjubkan. Berlokasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, keindahan padang rumput di Oro-Oro Ombo akan menambah semangat perjalananmu mendaki salah gunung tertinggi di Indonesia ini.
Dengan luas mencapai 100 hektare, Oro-Oro Ombo menghadirkan pemandangan padang sabana yang luas. Pantas saja jadi spot foto favorit pendaki. Sebelum memutuskan mendaki ke Semeru, pastikan kamu berkunjung di musim yang tepat. Di saat itu, kamu bisa menyasikan bunga lavender bermekaran.
4. Gunung Alpine, Kyrgyzstan
Dataran Alpine memiliki luas mencapai 15 ribu kaki. Pegunungan granit berhutan lebat ini memiliki sungai yang dikelilingi padang rumput. Laman Stuff menyebut keindahan padang rumput Alpine berhiaskan taman bunga geranium biru, bunga poppy merah, putih, dan oranye, buttercups, iris, tulip, dan caltcha. Dari semua itu, yang paling menonjol ialah tanaman rhubarb liar. Tak hanya sebagai hiasan, tanaman ittu juga bisa dijadikan santapan yang menggugah selera.
5. The Blue Ridge Parkway, Virginia
Ribuan bunga menghiasi padang rumput Blue Ridge Parkway di Virginia. Kawasan ini terkenal dengan kehidupan Cherokee yang berkaitan dnegan pertanian, kerajinan, dan musik Appalachian Selatan. Dengan luas 469 mil, sepanjang jalan menyusuri padang ini terlihat pemandangan padang rumput yang indah.
Taman nasional linear ini dihiasi tanaman liar. Dilansir Stuff, kawasan ini dipenuhi bunga violet, lily of the valley, stroberi, dicentras, bloodroot, apel, smilacina, columbine, tiarella, dan paling berharga ialah tanaman Cypripedium reginae, tanaman anggrek berwarna putih dan merah muda.