Fakta Menarik Gunung Pelangi
Melihat keindahan pegunungan pelangi, Zhangye Danxia akan membuat Anda seperti melihat pelangi di langit.
Pegunungan Zhangye Danxia menjadi tempat menarik untuk dikunjungi. Terletak di Prefektur Zhangye Provinsi Gansu China, pegunungan Zhangye Danxia membentang sejauh 510 kilometer persegi. Zhangye Danxia merupakan pegunungan batu dengan peraduan warna merah, kuning, coklat, hingga putih yang menawan. Keindahannya membuat Zhangye Danxia dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2009.
Berikut beberapa fakta menarik soal Zhangye Danxia :
Dari laut menjadi gunung
Laporan China Highlights menyebut sebelum menjadi gunung puspa warna yang dikenal hari ini, Zhangye Danxia jutaan tahun lalu merupakan permukaan dasar samudera lepas.
Letusan gunung berapi di dasar laut yang terjadi berkali-kali jutaan tahun silam lantas memunculkan bongkahan pegunungan dan zat-zat di dasar bumi seperti kalsium, besi, tembaga, klorit dan sulfida.
Menghasilkan beragam warna 
Mengutip dari Forbes, mineral besi yang teroksidasi menghasilkan warna merah, mineral limonit yang teroksidasi akan menghasilkan warna coklat atau kuning, besi sulfide yang teroksidasi menghasilkan warna kuning metalik, klorit yang teroksidasi akan menghasilkan warna hijau. Hal tersebutlah membuat batuan di Zhangye Danxia memiliki warna-warni mencolok serupa dengan pelangi.
Jadi, warna pelangi pegunungan Zhanghye Danxia bukanlah lukisan atau editan melainkan asli. Kompleks pegunungan Zhanghye Danxia dihiasi dengan keberadaan sungai, ngarai, lembah, goa, tebing, dan juga air terjun. Tak ayal, Zhangye Danxia menjadi salah satu destinasi wisata favorit di China. Pada tahun 2018 saja, tercatat ada sebanyak 2,32 juta turis yang mengunjungi Zhangye Danxia.
Hanya ada beberapa di dunia
Gunung pelangi ada di pegunungan Brennisteinsalda di Islandia, lalu pegunungan Cerro de los Siete Colores di Argentina dan Gunung Ausangate di Peru.
Tercipta akibat letusan gunung berapi
Letusan gunung berapi di dasar laut yang terjadi berkali-kali jutaan tahun silam lantas memunculkan bongkahan pegunungan dan zat-zat di dasar bumi seperti kalsium, besi, tembaga, klorit dan sulfida. Warna terbentuk akibat fenomena geomorfologi petrografi, yakni erosi dan endapan menahun yang menciptakan formasi bebatuan dari pasir merah dan mineral.
Nah itulah beberapa fakta mengenai gunung pelangi yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!