Fakta Menarik Menara Eiffel
Menara Eiffel, atau dikenal juga sebagai La Tour Eiffel, merupakan salah satu bangunan ikonik dan terkenal di dunia.
Saat ini Menara Eiffel menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi di dunia dan sekitar tujuh juta orang menaiki tangga atau naik lift ke salah satu dari tiga tingkat yang ada padanya setiap tahun. Berikut ini fakta menarik menara eiffel :
Gustave Eiffel tidak mendesain menara
Fakta menarik lain adalah, Gustave Eiffel disebut tak membuat desain aslinya. Menurut Live Science, ada dua pria yang bekerja di perusahaan yang menggambar desain aslinya, mereka bernama Maurice Koechlin dan Emile Nouguier. Diketahui bahwa dua insinyur tersebut bekerja sama dengan arsitek Perancis, Stephen Sauvestre, untuk membuat rancangan pembangunan monumen yang kemudian diikutsertakan ke kontes guna memilih atraksi utama di Pameran Dunia.
Menara Eiffel dicat dengan tiga warna berbeda
Menara Eiffel dicat dalam tiga warna cokelat yang berbeda, yaitu dengan warna paling gelap di bagian atas dan paling terang di bagian bawah.
Pewarnaan tersebut dimaksudkan untuk melawan kabut atmosfer dan membuat struktur menara tampak satu warna seragam dari atas ke bawah. Bahkan, selama perjalanannya, menara Eiffel pernah dicat merah dan kuning cerah.
Pembangunan Menara Eiffel yang kontroversial
Kritikus kontemporer Perancis awalnya menggambarkan desain menara ini sebagai sesuatu yang "mengerikan", "tidak berguna", hingga "konyol". Bahkan, sebuah petisi resmi pernah diluncurkan sebagai upaya percobaan menghentikan pembangunannya. Beberapa arsitek juga menganggap bahwa secara fisik, tidak mungkin untuk membangun struktur menara setinggi itu.
Ada apartemen rahasia di puncak Menara Eiffel
Fakta menarik lainnya, arsitek Gustave Eiffel memiliki apartemen sendiri di puncak menara untuk melakukan eksperimen dan menerima tamu penting.Namun, apartemen itu sebenarnya memang tidak dirancang sebagai kamar tidur karena tidak memiliki tempat tidur. Setelah dikunci selama bertahun-tahun, ruangan tersebut telah dibuat ulang dan sekarang dibuka untuk masyarakat umum yang dapat melihatnya saat tur Menara Eiffel.
Itulah beberapa fakta mengenai menara eiffel. Semoga bermanfaat!