Puncak Gunung Menantang
Sebagai rumah bagi puncak-puncak gunung paling tinggi di dunia, pegunungan Himalaya lebih dari sekedar menarik.
Sebagai rumah bagi bersemayamnya puncak-puncak tertinggi di muka bumi, pegunungan Himalaya selalu menyimpan keistimewaan untuk diceritakan. Pegunungan raksasa yang mendiami wilayah Nepal, Tibet dan sebagian wilayah India ini, menjadi medan sesungguhnya dari sebuah perburuan dunia pendakian gunung. Berikut ini puncak gunung paling menantang di himalaya:
Puncak Kangchenjunga
Gunung ini juga masuk salah satu rangkaian pegunungan Himalaya. Gunung Kangchenjunga adalah yang paling tinggi ketiga setelah mount Everest dan K2. Sebagai informasi saja, puncak Kangchenjunga ini cukup sulit untuk pendaki.
Penyebabnya adalah elevasi dan tantangan teknisnya lumayan menyulitkan. Selain itu banyak cerita dan legenda seram yang menyelimuti gunung itu. Ada salah satu yang paling populer adalah Yeti yaitu manusia salju reksasa dari Himalaya. Walaupun hanya mitologi yang belum pasti kebenarannya, cerita ini berpengaruh pada minat para pendaki. Lagipula, cuaca sekitar gunung juga tak menentu. Hal ini makin menyuliskan pendaki untuk menakhlukkan puncak gunung itu.
Gunung Annapura
Selisih ketinggian antara gunung Annapurna dan gunung Everest yang sama-sama berdiri di belantara Himalaya, adalah hampir satu kilometer. Namun dari sisi tantangan yang dihadirkan untuk para pendaki yang berusaha mencapai puncaknya, banyak orang yang bersepakat bahwa Annapurna sesungguhnya lebih sulit dibandingkan gunung Everest.
Fakta pegunungan Himalaya dimana Annapurna secara teknis lebih sulit dibandingkan Everest memang sudah teruji dengan berbagai peristiwa. Selain bentuknya yang memanjang dan cukup luas akibat benturan daratan India dan Eurasia puluhan juta tahun lalu,  fakta-fakta tentang gunung Annapurna lainnya juga membuat reputasi gunung ini terasa lebih seram dibandingkan Everest sebagai puncak tertinggi dunia. Berdasarkan catatan sejarahnya, Annapurna 1 dengan ketinggian 8.091 meter adalah gunung delapan ribu meter pertama yang berhasil didaki manusia. Ekspedisi yang berhasil mencapai puncak Annapurna saat ini adalah ekspedisi Perancis dengan para pendaki mereka yang cukup populer adalah; Lionel Terray, Gaston Rebuffat, Maurice Herzog, dan Louis Lachenal.
Gunung Lhotse
Dari sisi predikat sebagai puncak tertinggi, Lhotse menduduki tempat ke-4 sebagai gunung tertinggi dunia di bawah Everest, K2 dan Kanchenjunga. Namun dari tantangan teknis dan kesulitan yang dimilikinya, Lhotse lebih banyak dijagokan dibandingkan Everest yang ada di sebelahnya.
Seperti pada banyak pegunungan besar Himalaya yang lainnya, Lhotse juga memiliki banyak puncak di atasnya. Beberapa puncak yang terkenal misalnya adalah Lhotse Main Peak, Lhotse Middle dan Lhotse Tsar. Di antara ketiga puncak dengan ketinggian di atas 8.000 meter gunung Lhotse, puncak tengah atau Lhotse Middle adalah yang paling sulit untuk didaki. Puncak ini baru dapat dicapai untuk pertamakalinya pada tahun 2001 oleh ekspedisi Rusia. Selain Lhotse Middle yang menantang untuk menjadi medan pendakian, hal lain yang membuat Lhotse dianggap sangat menarik di Himalaya adalah dinding sisi selatannya. Sisi selatan Lhotse atau yang populer dengan sebutan Lhotse South Face hingga sekarang dianggap sebagai salah satu medan pendakian tersulit untuk gunung dengan ketinggian di atas 8.000 meter.
Puncak Makalu
Gunung ini punya beberapa puncak yang populer. Mulai dari Chomo Lonzo, hingga Makalu La. Ada cerita lain dari gunung ini, salah satunya adalah pernah membunuh pendaki paling terbaik di dunia bernama Jean Chirtphe Lafaille dari Perancis.
Walaupun begitu, gunung Makalu punya daya tarik sendiri. Seperti adanya tanaman herbal yang cukup populer yaitu jamur Cordycept Militaris. Jamur ini cukup ampuh sebagai obat keluhan pernapasan.
Itulah puncak gunung paling menantang di himalaya. Semoga bermanfaat!