Jenis Kupu-Kupu Terlangka
Kupu-kupu merupakan serangga yang tergabung ke dalam ordo Lepidoptera.
Kupu-kupu adalah salah satu serangga yang dibekali dengan sayap. Berbeda dengan sayap serangga lain, sayap kupu-kupu memiliki warna dan corak yang cantik. Sayangnya, beberapa jenis dari kupu-kupu sudah ada yang langka atau bahkan mengalami kepunahan. Berikut ini jenis kupu-kupu terlangka:
Schaus Swallowtail - Papilio aristodemus
Kupu-kupu Schaus Swallowtail sempat menjadi kupu-kupu terlangka di dunia. Populasi kupu-kupu ini turun hingga hanya beberapa ratus ekor saja. Namun, populasi kupu-kupu bersayap kuning ini bisa meningkat kembali melalui upaya konservasi. 
Jenis kupu-kupu ini ditemukan pertama kali pada 1976. Saat ini, populasi Schaus Swallowtail berkisar antara 800 hingga 1.200 ekor. Pada 2014, upaya konservasi yang dilakukan oleh University of Florida berhasil menetaskan 200 ekor ulat dengan melepaskan 50 ekor kupu-kupu dewasa.
Kupu-kupu Burung Hantu Raksasa
Kupu-kupu burung hantu atau owl butterfly memiliki nama ilmiah Caligo memnon. Kupu-kupu ini termasuk hewan yang aktif ketika hari mulai senja atau pada saat hari masih pagi. Saat siang hari, kupu-kupu ini lebih banyak beristirahat.
Luzon Peacock Swallowtail
Sesuai namanya, kupu-kupu Luzon Peacock Swallowtail (Papilio chikae) ini memiliki ciri khas seperti burung merak.
Kupu-kupu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1965 di Luzon, sebuah pulau di Filipina utara. Mereka lebih suka tinggal di wilayah dengan ketinggian lebih dari 1500 meter. Kupu-kupu Luzon Peacock Swallowtail berukuran besar, memiliki sayap hitam, hijau, merah, biru, dan bahkan ungu. Karena memiliki jangkauan yang terbatas dan terancam, Luzon Peacock Swallowtail sangat terancam punah.
Island Marble Butterfly
Ada fakta unik tentang Island Marble Butterfly (Euchloe ausonides insulana) yang satu ini. Kupu-kupu ini sempat diperkirakan punah sejak 1908, namun akhirnya ditemukan kembali selama survei pada tahun 1998.
Kupu-kupu Island Marble Butterfly ini hanya hidup di Kepulauan San Juan di Negara Bagian Washington, dan terdaftar sebagai spesies yang terancam punah.
Kupu-kupu Sayap Renda
Kupu-kupu renda atau Cethosia myrina dapat kita jumpai di Indonesia bagian timur yaitu Sulawesi bagian selatan. Dinamakan kupu-kupu renda karena bentuk pinggiran sayap kupu-kupu ini berlekuk-lekuk, seperti renda.
Miami Blue - Cyclargus thomasi bethunebakeri
Kupu-kupu Miami Blue merupakan jenis kupu-kupu paling langka di dunia. Dulunya, Miami Blue termasuk kupu-kupu yang sering dijumpai di Florida, Amerika Serikat. Namun, kupu-kupu yang memiliki sayap berwarna biru di atas dan abu-abu di bawah sayapnya semakin berkurang populasinya.
Saat ini, hanya terdapat kurang dari 100 kupu-kupu Miami Blue. Terdapat beberapa faktor penyebab menurunnya populasi kupu-kupu ini. Beberapa faktornya adalah kehilangan habitat, degradasi hutan, dan spesies invasif. 
Kupu-kupu merupakan serangga yang penting di lingkungan. Hilangnya kupu-kupu akan memiliki dampak yang sangat besar bagi penyebaran tumbuhan. Dampak ini pun akan bisa dirasakan oleh kita sendiri.
Nah itu dia beberapa jenis kupu-kupu terlangka. Semoga bermanfaat!