Manfaat Istirahat Yang Cukup
Tidur merupakan salah satu kegiatan sehari-hari yang sudah pasti dilakukan semua orang setiap hari.
Istirahat dan tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, selain makan dan bernapas. Kebutuhan tidur setiap orang umumnya berbeda-beda. Namun, orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur malam selama 7–9 jam setiap harinya. berikut beberapa manfaat bagi kesehatan jika kita tidur cukup:
Mengendalikan berat badan dan nafsu makan
Tidur malam lebih awal akan membuat tubuh menghindari makan makanan tidak sehat atau camilan, seperti kue atau keripik. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Clinical Nutrition and Metabolic Care membuktikan bahwa orang yang tidak cukup tidur tiap malam hari lebih berisiko mengalami berat badan berlebih atau obesitas. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang dalam tubuh, yakni hormon ghrelin dan leptin.
Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas
Waktu tidur yang cukup ternyata berperan penting dalam proses belajar dan berpikir. Manfaat tidur pun telah terbukti meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan meningkatkan kinerja memori anak-anak dan orang dewasa.
Jika sering kurang tidur, maka kemampuan kognitif bisa mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu. Hal ini termasuk tingkat kewaspadaan, konsentrasi, nalar, serta kemampuan memecahkan masalah.
Meningkatkan suasana hati
Istirahat dan tidur yang berkualitas juga dapat menyegarkan kembali pikiran dan suasana hati, sehingga Anda lebih siap menjalani aktivitas dan menyelesaikan pekerjaan. Saat Anda tidur, otak memproses emosi dan pikiran agar dapat bereaksi dengan baik. Itulah sebabnya bila Anda tidak cukup tidur, emosi atau suasana hati cenderung memberikan reaksi negatif. Misalnya, Anda akan lebih mudah murung, mudah lelah, atau merasa cemas. Selain itu, kurang tidur kronis juga dapat meningkatkan risiko gangguan mood. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang menderita gangguan tidur, seperti insomnia atau sleep apnea, memiliki risiko lebih besar untuk mengalami depresi atau gangguan kecemasan.
Mengontrol kadar gula darah
Kurang istirahat atau tidur dapat memiliki efek kesehatan yang berkaitan dengan metabolisme tubuh dan salah satunya adalah peningkatan kadar gula darah. Hal ini tentunya dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.
Menyehatkan kulit
Manfaat istirahat cukup di malam hari juga menyentuh sisi kesehatan kulit. Sebab saat kita tidur, tubuh akan memproduksi kolagen yang baru dan segar. Kolagen merupakan protein yang akan menjaga kulit agar tetap kencang, kenyal, dan awet muda. Jika kurang tidur, kolagen dan asam hialuronat yang terdapat di kulit akan pecah. Padahal, kedua komponen ini yang berperan penting agar kulit dapat berkilau, kenyal, dan cerah. Bila kita sering tidur selama lima jam atau kurang dari itu, tanda-tanda penuaan, termasuk garis-garis halus dan lingkaran hitam di area bawah mata akan lebih cepat muncul.
Itulah berbagai manfaat istirahat dan tidur yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!