Mengenal Burung Blue Jay
Blue jay merupakan jenis burung pengicau asal Amerika yang punya warna bulu cerah menarik.
Memiliki nama ilmiah Cyanocitta cristata. Blue jay merupakan burung passerine dalam keluarga Corvidae asli Amerika Utara bagian timur. Ia hidup di sebagian besar Amerika Serikat bagian timur dan tengah. Beberapa populasi burung ini diketahui bermigrasi. Blue Jay ialah burung yang di kenal sebagai penghuni hutan dan sangat mudah beradaptasi serta cerdas di alam.
Habitat burung jay yaitu berada di daerah berpohon. Namun, sebagian dari mereka berurbanisasi serta tinggal di taman kota. Sebagian dari mereka yaitu burung penyanyi dan kerap tampak berkelompok pada waktu musim kawin. Burung jay termasuk hewan omnivora. Burung ini juga suka memakan buah pala, buah jati belanda, biji-bijian, serangga dan juga amfibi kecil.
Banyak perilaku unik dari blue jay ini. Diantaranya yaitu suka mencuri pakan burung lain, mencuri telur serta piyik burung lain. Burung ini juga pintar menirukan suara burung lain, dan bahkan dapat membangun lumbung pakan bijian di dalam tanah.
Seperti namanya, burung ini berwarna biru. Namun, warnanya berasal dari pigmen coklat yang ada di bulu mereka. Burung itu tingginya sekitar 9 hingga 12 inci dan beratnya hanya sekitar 2,5 – 3,5 ons. Pada bagian puncak kepalanya berwarna biru, sedangkan warna bulunya berubah menjadi abu-abu atau putih ke arah tenggorokan burung dan mantel abu-abu atau putih ini berlanjut ke dadanya dan selanjutnya ke perutnya.
Jambul di kepalanya berwarna biru keabuan, dan memiliki garis hitam dan putih di ekor. Serta sayapnya yang membuatnya dapat dibedakan secara unik. Pita hitam yang terlihat seperti kalung membentang di tenggorokan bagian bawahnya.
Demikianlah informasi mengenai burung blue jay. Semoga bermanfaat!