Yogurt Bernutrisi
Produk akhir harus mengandung jumlah mikroorganisme yang cukup banyak. Yogurt memiliki dua karakteristik utama, yaitu terbuat dari susu sebagai bahan mentah dan mengandung bakteri asam laktat hidup.
Berbeda dengan minuman asam laktat, yang tidak hanya tidak mengandung bakteri asam laktat hidup, tetapi juga memiliki kandungan susu yang sangat rendah. Nutrisi pada minuman asam laktat jauh lebih rendah dibandingkan dengan yogurt.
Berikut adalah beberapa manfaat dan nilai nutrisi dari yogurt:
1. Sumber Vitamin
Yogurt kaya akan vitamin, termasuk vitamin A, vitamin D, vitamin B2, protein, kalsium, dan fosfor. Sebagai salah satu sumber vitamin penting dalam diet, yogurt dibuat dari susu yang difermentasi oleh bakteri asam laktat, dengan rasa manis dan asam. Fungsi terbesar yogurt adalah untuk melengkapi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.
2. Meringankan Sembelit
Yogurt sangat baik untuk meringankan sembelit dan memiliki efek pencegahan pada sembelit dan diare bakterial. Asam organik yang dihasilkan dalam yogurt dapat meningkatkan peristaltik usus, merangsang sekresi jus lambung, dan menghambat bakteri berbahaya di usus. Oleh karena itu, yogurt mengandung sejumlah asam organik yang efektif meningkatkan sekresi asam lambung, sambil juga memiliki efek melembabkan usus yang baik, secara efektif meringankan sembelit.
3. Sumber Kalsium
Asam laktat yang terkandung dalam yogurt sangat mudah dicerna dan diserap oleh kalsium, lebih mudah daripada susu. Yogurt memiliki tingkat penggunaan yang tinggi, dan anak-anak yang minum yogurt juga bagus untuk perkembangan gigi dan tulang. Orang tua dapat memberikan bayi mereka yogurt dengan porsi secukupnya.
4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Yogurt mengandung probiotik, bakteri baik yang membantu menjaga keseimbangan mikroflora usus yang sehat. Mikroflora ini berperan penting dalam meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi yogurt dapat membantu meningkatkan populasi bakteri baik di usus, sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tentunya ini dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
5. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis
Studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi yogurt secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit jantung. Probiotik dan nutrisi lain yang terdapat dalam yogurt mungkin bertanggung jawab atas manfaat kesehatan ini.
Pasangan Kombinasi terbaik dengan yogurt:
1. Yogurt Buah
Yogurt biasanya dapat dimakan dengan semua jenis buah, dan mengonsumsinya dengan cara ini umumnya tidak menyebabkan produksi senyawa berbahaya. Ini bermanfaat untuk melengkapi nutrisi tubuh dengan banyak cara, yang memiliki manfaat tertentu untuk kesehatan. Buah-buahan umum yang digunakan untuk dicampur dengan yogurt termasuk buah naga, kiwi, apel, persik, melon, semangka, pisang, dan stroberi, dan lain sebagainya. Buahnya manis dan lezat, dan mengonsumsinya bersama yogurt dapat meningkatkan rasa, meningkatkan nafsu makan, dan melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kandungan vitamin, selulosa, dan flavonoid.
2. Yogurt Madu
Madu memiliki manfaat gizi dan kesehatan bagi tubuh. Ini dapat membantu meningkatkan fungsi organ internal, menghambat peradangan tenggorokan, dan meredakan batuk. Sangat cocok untuk dikonsumsi selama musim dingin. Madu adalah "pemanis terbaik" dan dapat digunakan tidak hanya dengan yogurt saja tetapi juga dengan yogurt buah, seperti madu pada yogurt pisang.
3. Yogurt Kacang
Kombinasi yogurt dan kacang sangat baik untuk tubuh. Kacang-kacangan kaya akan protein, minyak, mineral, dan nutrisi lainnya, yang memiliki efek pelengkap nutrisi dan membantu mencegah penyakit. Yogurt dengan kacang dapat dengan mudah dan cepat melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.