Kelinci Holland Lop
kelinci ini sangat digemari oleh para pecinta hewan, karena memiliki wajah yang imut dan memiliki tubuh yang mini. Maka dari itu banyak yang menjadikan kelinci ini sebagai hewan peliharaan dan sering di ikutkan kontes kelinci, banyak orang yang mengatakan kalau kelinci holland lop itu sama seperti kelinci fuzzy lop.
Tetapi untuk hal tersebut sebenarnya berbeda, karena kelinci holland lop memiliki bulu yang lebih pendek dan postur tubuh lebih kecil di bandingkan dengan kelinci fuzzy lop.
Dulu kelinci ini sangat susah untuk di temukan, karena kelinci ini baru masuk ke Indonesia sekitar tahun 2000 an dan pada masa itu kelinci ini langsung sangat populer, nah mulai dari situ anggota IRA (Indonesia Rabbit Association) mulai mengimpor ke Indonesia.
Meningkatnya peminat untuk jenis kelinci ini, lalu mulai dari situ banyak peternak kelinci di Indonesia yang membudidayakan kelinci jenis ini.
Cara Merawat Kelinci Holland Lop
Perawatan kelinci holland lop memang terbilang cukup rewel/susah, karena kelinci ini memiliki daya tahan tubuh yang rendah, nahh lalu bagaimana cara untuk merawatnya ?
Makanan Kelinci Holland Lop
Pemberian makan juga penting, karena jika kamu salah dalam pemberian makanan, hal itu akan membuat kelinci kamu terkena penyakit pencernaan.
Nahh jadi kamu bisa memberikan makanan untuk kelinci ini seperti pelet, rumput, dan sayur. Jika kamu ingin memberikan makanan seperti rumput dan sayur, alangkah baiknya untuk menjemurnya terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar kadar air pada makanan tersebut bisa berkurang.
Pemberian minum, untuk memberikan minum kamu bisa menggunakan dot kelinci yang dijual di toko hewan atau pasar, atau kamu juga bisa menggunakan wadah seperti ukuran mangkok untuk tempat minumnya.
Tetapi untuk tempat minum, saya sarankan untuk menggunakan dot kelinci, hal ini bertujuan agar air minumnya tidak mudah tumpah dan tidak mudah kotor.
Lebih baik gunakan air yang matang untuk diberikan kekelinci, karena bakteri pada air yang sudah matang akan lebih sedikit ketimbang air yang belum masak.
Cara Pelihara Holland Lop
1. Holland lop merupakan jenis kelinci yang paling gampang mati. Holland lop rentan dengan semua hal, panas, dingin, stress jadi mau nggak mau memang peliharanya pun harus ekstra hati-hati. Amat tidak disarankan bagi owner yang baru pertama kali memelihara kelinci.
2. Ketimbang saudaranya yang berbulu panjang, yakni fuzzy lop. Jenis kelinci holland lop ini gampang sekali moulting atau rontok bulunya, bahkan ketika proses moulting parah banget. Sehingga mau nggak mau, harus disupport dengan vitamin tambahan biar proses moulting cepat selesai.
3. Nah, seperti yang sudah ditulis di atas, jenis kelinci holland lop ini memang paling rentan. Artinya holland lop pun rentan terhadap berbagai penyakit yang biasa menyambangi kelinci, sebut saja scabies dan mencret bahkan pilek yang jarang pada kelinci pun gampang kena ke holland lop. Jadi memang harus serba ekstrak untuk bisa sukses memelihara holland lop.
Termasuk untuk makanan, jangan harap bisa punya holland lop sehat, cantik dan berumur panjang kalau cuma dikasih pelet murah, harus selalu sedia hay dan pelet bermutu.
Overall, jenis kelinci holland lop merupakan peliharaan yang compact dan cocok bagi yang nggak punya halaman atau rumah besar, tapi holland lop bukan peliharaan bagi mereka yang first time owner. Di balik bentuk holland lop yang super duper imut dengan wajah bulatnya, terdapat komitmen dan budget besar untuk memeliharanya. Jadi jangan pernah berpikir jenis kelinci holland lop adalah peliharaan yang mudah dan murah.