Benda Paling Kotor Di Kantor
Umumnya, kita akan berpikir bahwa benda-benda yang ada di sekitar kita akan senantiasa bersih dan terjaga. Termasuk benda-benda berupa seperangkat alat komputer yang ada di meja kerja.
Sebaiknya mulai memperhatikan kebersihan meja kerja. Pasalnya, tanpa disadari, benda-benda tersebut ternyata menyimpan banyak bakteri terutama keyboard dan mouse.Berikut penjelasan akan di bahas di sini.
1. Telepon kantor
Menurut infografik yang dilakukan oleh Cleaning Services Group di Inggris, ada sekitar 25.127 mikroba per inci persegi di telepon kantor. Bayangkan, itu hampir 500 kali lebih banyak dari dudukan toilet.Lantas, seberapa sering baiknya Anda membersihkan telepon kantor? Para ahli menyarankan setidaknya seminggu sekali. Gunakan cotton bud atau gunakan lap basah antibakteri untuk membersihkannya.
2. Mouse
Seperti keyboard, mouse Anda juga kotor. Mouse kantor berisi sekitar 1.676 mikroba per inci persegi. Jadi lap hingga bagian bawah mouse dengan lap antibakteri. Namun, sesering mungkin luangkan waktu untuk membersihkan mouse Anda dengan pembersih atau cotton bud.Baca artikel detikHealth,
3.Layar komputer
Mungkin banyak yang berpikir bahwa layar komputer tidak benar-benar terkontaminasi dengan banyak kuman. Tetapi jangan lupa, setiap kali Anda bersin, batuk atau berbicara. Air liur dan kuman dapat mencemari layar komputer Anda.Jadi rutinlah membersihkan layer komputer anda setidaknya seminggu sekali/
4. Meja kerja sendiri
Siapa yang menyangka bahwa meja kerja Anda adalah hotspot untuk bakteri. Apalagi jika banyak barang tersimpan di sana dan Anda jarang membersihkannya. Oleh sebab itu sebaiknya sering-sering membersihkan meja kerja Anda setidaknya dua kali seminggu.
5.Dispenser
Siapa yang bisa menduga, dispenser yang biasanya digunakan untuk tempat mengambil air minum ini juga sangat mudah terjangkiti kuman. Apalagi, jika dispenser tersebut jarang dibersihkan, dapat dipastikan kuman akan langsung menempel di bagian dalam maupun luarnya. Untuk itulah, pastikan kamu selalu membersihkan dispenser ini secara berkala, ini bertujuan untuk mengurangi kemunculan kuman dan bakteri.
Itulah beberapa benda yang seringkali dijadikan sebagai tempat bersemayamnya kuman dan bakteri. Pastikan Anda selalu rutin membersihkannya dan ini tips-tips untuk melindungi diri sendiri agar terhindar dari kuman yang bisa disebarkan oleh teman sekantor atau peralatan yang terkontaminasi kuman:
1. Simpan pembersih tangan atau hand sanitizer di meja kantor dan gunakan setelah selesai rapat
2. Cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer ketika berangkat kerja, terutama setelah naik transportasi massal seperti kereta atau bus
3. Gunakan tisu desinfektan untuk membersihkan meja setidaknya sekali sehari, terutama jika makan di meja kantor
4. Gunakan tisu desinfektan untuk membersihkan area yang paling sering disentuh orang atau gunakan tissue saat menyentuhnya
5. Simpan hand sanitizer di ruang istirahat untuk membiasakan para karyawan menjaga kebersihan tangan
Tetap wasapada dan jagalah kesehatan dan kebersihan.