Kue Mousse
Mousse adalah makanan penutup sejenis vla yang dapat langsung dimakan atau digunakan sebagai isian kue.
Biasanya krim dan zat pengendap ditambahkan untuk menciptakan tekstur yang kental dan beku. Gelatin digunakan untuk memadatkan keju dan krim kocok. Makanan Itu dapat langsung dimakan tanpa dipanggang.
Bahan terpenting untuk membuat mousse adalah bahan agar-agar seperti agar-agar bubuk, jeli bubuk, dan lain sebagainya. Jeli mousse perlu disimpan pada suhu rendah.
Kue mousse pertama kali muncul di ibu kota kuliner Paris, Prancis. Penampilannya yang mewah dan tampak sehat itu menjadikan orang-orang tertarik kepadanya.
Untuk memenuhi keinginan orang dalam menginginkan berbagai jenis kue, kue mousse memberi lebih banyak ruang bagi pembuat roti untuk berkreasi. Mereka dapat menunjukkan perasaan dan imajinasi mereka melalui teknik cara mereka membuat kue.
Di dalam kompetisi pastry world cup, Kompetisi membuat kue mousse selalu sangat kompetitif, hal ini dikarenakan dapat menunjukkan standar keterampilan yang sebenarnya dari para master dan sedang tren di dunia perkembangan kue.
Pada tahun 1996, Eric Perez, salah satu dari 10 master pastry teratas di Amerika Serikat, memimpin tim Nasional AS ke Piala Dunia West Point di Lyon, Prancis, di mana ia memenangkan medali perak. Berkat ketenarannya itu, Pada tahun 1997 ia diundang untuk membuat kue mousse di ulang tahun ke-50 Hillary Clinton, istri dari Presiden AS Bill Clinton, dan diundang untuk menunjukkan keahliannya di Gedung Putih, yang menimbulkan kehebohan di dunia perkuean.
Kue mousse coklat adalah salah satu jenis kue mousse yang paling umum, berikut langkah-langkah pembuatannya.
1. Potong cokelat dan saring cokelat bubuk.
2. Panaskan minyak jagung, lalu tuang coklat bubuk beserta cokelat, dan aduk rata.
3. Tambahkan 60 gram susu ke dalam mangkuk, lalu tuang kuning telur, campurkan ayakan tepung kue dan aduk hingga adonan tidak berbutir.
4. Pisahkan putih telur ke dalam mangkuk bebas minyak.
5. Mengocok putih telur. Pertama, kocok putih telur dengan pengocok listrik dengan kecepatan sedang-rendah dan tuangkan gula dalam 3 tahap.
6. Ambil sepertiga dari padatan putih telur yang dicampur dengan gula tersebut, dan tambahkan ke dalam adonan kuning telur.
7. Tambahkan sepertiga lagi dari padatan putih telur tadi ke adonan kuning telur, dan aduk rata dari bawah ke atas dengan adukan telur.
8. Lapisi Loyang dengan kertas kue dan tuangkan adonan kue. Berikan sedikit guncangan untuk menghilangkan buihnya.
9. Panggang dengan oven di suhu 160°C selama 25 menit.
10. Panaskan susu, cokelat, dan gula di atas air dan aduk rata hingga mencair.
11. Tuang krim cair ke dalam mangkuk bebas minyak dan kocok dengan gula sampai basah dan berbusa.
12. Tambahkan campuran susu, coklat dan gula dan aduk rata.
13. Lapisi bagian bawah dengan alas kue.
14. Tuang krim cair, lalu tambahkan sepotong kue, dan tuang krim cair lagi di atasnya.
15. Lapisi dengan bubuk cokelat dan dinginkan selama 4 jam.