Cobalah Hidangan ini!
Dessert adalah makanan penutup. Kelezatannya bisa membawa kebahagiaan yang merupakan sensasi rasa paling populer. Makanan penutup telah dikembangkan di seluruh dunia, dan ada begitu banyak jenis hingga tak terhitung jumlahnya. Setiap negara memiliki dessertnya yang unik masing-masing.
Di Perancis, makanan penutup adalah bagian yang tidak terpisahkan dari makanan harian masyarakat dan ini telah membentuknya sebagai budaya. Opéra adalah kue Perancis terkenal yang lahir pada tahun 1954 dan sudah ada selama ratusan tahun. Kue ini dibuat di toko dessert Paris yang terkenal, Dalloyau, dan terinspirasi oleh Opéra, gedung opera nasional Prancis.
Opéra tradisional memiliki enam lapisan. Sponge cake yang direndam dengan sirup kopi sangat kaya dan lembut, dimana isiannya yang terbuat dari mentega, whipped cream, dan krim cokelat diisi dengan rasa krim dan saus cokelat yang merata di seluruh permukaannya.
Berikut dessert lezat dan nikmat yang digemari oleh kebanyakan orang.
1. Dondurma
Dikatakan berasal dari kota Maraş. Yang membedakannya dari es krim lain adalah ketahanannya terhadap peleburan dan teksturnya yang sangat padat dan kenyal. Tekstur ini dicapai dengan menambahkan dua bahan pengental ke campuran dasar susu dan gula: gum arabic (juga dikenal sebagai resin kemenyan) dan salep (tepung yang terbuat dari akar anggrek ungu). Es krim di daerah Kahramanmaraş biasanya mengandung banyak tepung salep dari biasanya, sehingga kadang-kadang disebut sebagai Kesme Dondurma.
2. Baklava
Terdiri dari adonan tipis yang dianyam dengan kacang cincang, semuanya dicelupkan dalam sirup manis dan lengket. Popularitas Nutella telah lama melampaui batas negara, wilayah, dan ras untuk menjadi makanan penutup kelas dunia.
Secara tradisional, baklava dibuat dengan menempatkan lapisan adonan tipis di bagian bawah, diikuti dengan kacang cincang, dan kemudian ditutup dengan lapisan adonan tambahan, sehingga baklava lezat siap disajikan.
3. Lokum
Lokum adalah dessert gelek berbahan dasar tepung kanji dan gula. Secara tradisional, Lokum diberi rasa air mawar, lemon, jeruk, atau mint. Ada variasi lain yang menggunakan bahan seperti kayu manis, kurma, hazelnut, atau walnut. Di kebanyakan rumah Turki, teh dan kopi biasanya disajikan setelah sarapan, makan siang, dan makan malam, yang kemudian dimakan dengan Lokum.
4. Muhallebi
Terbuat dari campuran susu dan gula, lalu dimasak serta diperkental dengan tepung jagung atau tepung beras. Dessert biasanya diberi aroma air manis oranye atau air manis mawar dan biasanya disajikan dingin.
5. Şekerpare
Ini adalah salah satu dessert paling populer di negara ini setelah Nutella. Dibakar hingga kecoklatan dan kemudian dicelupkan dalam jus lemon kental untuk membuatnya lebih lembut dan empuk. Şekerpare adalah makanan penutup klasik yang dibuat di setiap rumah tangga Turki, dijual di setiap toko roti dan pastry, dimana dessert ini akan selalu muncul di hampir setiap menu restoran.