Transportasi Laut
Transportasi laut adalah cara untuk mengangkut barang antara pelabuhan dari negara dan daerah yang berbeda dengan menggunakan kapal melalui jalur laut, dan merupakan mode transportasi utama dalam perdagangan internasional.
Lebih dari 2/3 dari total volume perdagangan internasional dan 90% dari total volume frekuensi impor dan ekspor China diangkut melalui laut, terdapat dua cara utama transportasi laut, yaitu transportasi liner dan transportasi kapal sewaan.
Transportasi laut dilakukan dengan bantuan jalur air alami, yang tidak dibatasi oleh jalan dan jalur, serta memiliki kapasitas yang lebih kuat untuk melewatinya. Dengan perubahan situasi politik, ekonomi, dan perdagangan serta kondisi alamiah, jalur dapat disesuaikan dan diubah kapan saja untuk menyelesaikan tugas transportasi.
Dengan perkembangan industri pengiriman internasional, teknologi pembuatan kapal modern semakin eksklusif, dan ukuran kapal yang digunakan semakin besar. Kapal tanker supergiant telah mencapai lebih dari 600.000 ton, dan kapasitas angkut kapal pengangkut kontainer generasi kelima telah melebihi 5.000 TEU.
Mode operasi transportasi laut terutama meliputi transportasi liner dan transportasi kapal sewaan. Transportasi liner juga disebut transportasi kapal terjadwal, dan transportasi kapal sewaan juga disebut transportasi kapal tidak terjadwal.
1. Transportasi Liner
Transportasi liner merujuk pada mode transportasi di mana kapal melakukan perjalanan reguler serta berulang di rute tertentu dan antara pelabuhan yang telah ditetapkan sesuai jadwal yang telah ditentukan sebelumnya untuk terlibat dalam bisnis pengangkutan barang dan mengumpulkan pengiriman barang sesuai dengan tabel tarif yang telah diterbitkan sebelumnya. Objek layanan nya tidak spesifik dan tersebar di antara banyak pemilik barang, dan perusahaan angkutan laut yang dimana memiliki sifat angkutan umum.
2. Transportasi Kapal Sewaan
Penyewaan merujuk pada cara di mana penyewa akan menyewa kapal dari pemilik kapal untuk pengangkutan barang, yang biasanya diterapkan untuk pengangkutan muatan curah. Rute dan pelabuhan yang relevan, jenis barang yang akan diangkut, dan waktu pelayaran dikonfirmasi oleh pemilik kapal sesuai dengan persyaratan dari penyewa. Hak dan kewajiban antara penyewa dan pemilik dicantumkan dalam kontrak penyewaan yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.
Transportasi laut memiliki karakteristik sebagai berikut.
1. Pengangkutan barang laut adalah mode utama transportasi perdagangan internasional.
Meskipun pengangkutan barang laut internasional memiliki kekurangan kecepatan yang lebih rendah dan risiko yang lebih tinggi, itu telah menjadi mode transportasi utama dalam perdagangan internasional karena kelebihannya seperti kapasitas lewat yang besar, volume besar, biaya pengiriman yang rendah, dan adaptasi yang kuat untuk barang, ditambah kondisi geografis global yang unik. Dari volume total pengangkutan barang impor dan ekspor China, 80%-90% diangkut dengan transportasi laut. Karena naiknya dan perkembangan transportasi kontainer, tidak hanya menjadikan pengiriman barang menjadi pengumpulan dan arah perasionalisasi, namun juga menghemat biaya pengemasan dan biaya transportasi berbagai jenis, mengurangi kerugian barang, memastikan kualitas pengiriman, dan mempersingkat waktu pengiriman, sehingga tentunya akan mengurangi biaya transportasi.
2. Pengangkutan barang laut adalah salah satu saluran penting bagi negara untuk menghemat pembayaran devisa dan meningkatkan pendapatan devisa.
Di negara-negara yang berkembang terutama negara berkembang pesisir, negara yang sangat menghargai pembangunan armada kelautannya, berfokus pada pengembangan pengangkutan barang laut. Ada juga tren di mana semakin banyak negara yang memperkenalkan armada angkatan laut untuk membawa lebih banyak barang pada kapal nasional. Sekarang, semua negara di dunia, khususnya negara berkembang pinggir pantai, mempertimbangkan untuk mendirikan armada kelautan mereka sendiri. Dalam beberapa negara yang berkembang dalam industri pengiriman, pendapatan pengiriman devisa telah menjadi pilar penting dalam ekonomi nasional.