Pemanis Rendah Kalori
Meringue merupakan permen yang lezat dan hiasan dekoratif yang sering ditambahkan pada hidangan penutup. Ia bisa dibuat dalam bentuk dan warna yang berbeda untuk memberikan hiasan yang unik. Meringue bukanlah gula. Ia tidak mengandung nutrisi karbohidrat tetapi merupakan pengganti gula yang manis.
Meringue dibagi menjadi dua kategori: satu adalah Meringue yang bening, seperti cream Meringue, cocoa Meringue, three-color Meringue, dll. Yang lainnya adalah Meringue dengan kacang, seperti peanut Meringue dan pine seed Meringue.
Meringue adalah pemanis rendah kalori. Ia merupakan pemanis dari berbagai sukrosa yang terbuat dari stevia Meringue, aspartyl fenilalanin metil ester, dan zat lainnya melalui teknologi ikatan molekul yang canggih, yang hanya memiliki sepertiga kalori dari sukrosa.
Meringue adalah pemanis rendah kalori yang memiliki rasa yang sangat berbeda dari gula pasir. Kandungan meringue akan lebih baik bagi tubuh dibandingkan gula pasir biasa. Meringue dapat dieliminasi langsung di dalam tubuh manusia tanpa adanya metabolisme. Biasanya digunakan untuk makanan, obat-obatan, dan produk kesehatan. Tidak hanya dapat meningkatkan rasa makanan, tetapi juga tidak meningkatkan asupan gula. Sehingga dapat dibilang ini akan menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes dan obesitas.
Bahan baku meringue sangat sederhana, berikut bagaimana cara pembuatannya.
Bahan Utama:
- Putih telur 40g
- Gula pasir putih 50g
- Pewarna makanan
- Beberapa tetes air lemon
Langkah-Langkah:
1. Taruh putih telur dalam sebuah mangkuk pengocokan. Pastikan wadahnya bebas dari minyak dan air.
2. Tambahkan beberapa tetes air lemon ke putih telur dan gunakan pengocok listrik untuk mengocoknya sampai dalam keadaan gelembung "mata ikan".
3. Jika ingin berwarna solid, letakkan meringue dalam kantong piping dan semprotkan secara langsung ke loyang. Jika ingin dibuat berwarna, ambil bagian dari meringue dan gunakan tusuk gigi untuk memilih beberapa pewarna makanan. Aduk rata, simpan di dalam kantong piping, dan semprotkan ke loyang.
4. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 90℃ selama 100 menit.
5. Meringue harus dikemas segera setelah dingin, jika tidak, ia akan menjadi lembab, membuatnya menjadi lembut dan kehilangan kerenyahannya.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat meringue, sebagai berikut.
1. Jangan khawatir tentang menggunakan putih telur terlalu banyak, itu tidak akan memengaruhi hasil jadi. Jadi lebih baik memukul sedikit terlalu banyak daripada terlalu sedikit.
2. Pastikan alat-alatnya bersih. Jika ada tetes minyak, lemak, atau kuning telur di dalam putih telur, Meringue tidak akan terkocok dengan baik.
3. Saat menambahkan bumbu, jika Anda memompa terlalu banyak, Meringue akan menipis dan melebar serta mengeras saat dipanggang. Jadi pastikan Anda melakukannya dengan lembut.
4. Saat memilih bumbu, pilihlah bumbu yang sangat terkonsentrasi. Bubuk bumbu rempah dan kulit jeruk yang dihancurkan adalah pilihan yang baik. Anda juga dapat menambahkan tetes pewarna makanan alami untuk membuat meringue yang bercorak.
5. Simpan pada suhu ruangan selama 1 minggu dalam wadah tertutup di tempat yang tidak lembab.
6. Gunakan pada sereal pagi atau cokelat panas.