Bebek Confit Lezat
Confit, juga dikenal sebagai penyerapan minyak, adalah teknik memasak yang digunakan dalam masakan tradisional Selatan Prancis, yang berarti bahan-bahan dimasak dan diawetkan dalam lemak. Pada zaman kuno, tidak ada lemari es, sehingga metode ini dapat digunakan untuk memperpanjang umur simpan makanan daging.
Hari ini kita akan membahas bagaimana cara membuat hidangan bebek confit yang lezat. Hidangan tradisionalnya disiapkan dengan mencelupkan bebek ke dalam lemak dan memasaknya perlahan pada suhu rendah selama beberapa jam.
Bahan dan Bumbu:
- 4 paha bebek
- Sage (dihiris halus) 2 sendok makan
- 5 siung bawang putih
- Garam
- Minyak sayur
Cara Membuat:
1. Tumbuk halus sage dan bawang putih, lalu campurkan dengan baik.
2. Angkat tulang paha dari bebek. Potong ujung kaki yang lebih rendah.
3. Taburi daging bebek dengan garam. Masukkan campuran bawang putih dan sage ke dalam tulang paha.
4. Bungkus kulit di sekitar daging bebek yang terbuka untuk mencegah isian bocor. (Dapat diikat dengan benang) Ini akan memungkinkan 4 paha bebek untuk "berdiri" di dalam panci.
5. Tuangkan sedikit minyak ke dalam wajan kecil dan goreng tulang bebek dari langkah sebelumnya hingga kecoklatan, lalu angkat dari wajan. Tambahkan 4 paha bebek ke dalam wajan dan biarkan dengan posisi berdiri. Tuang minyak sayur sampai menutupi daging bebek.
6. Panaskan dengan api kecil sampai minyak hampir mendidih, matikan api, tutup wajan dengan aluminium foil, dan panggang dalam oven suhu 180 derajat Celcius selama 3-4 jam hingga tulang siap dipisahkan dari daging.
7. Pisahkan daging serta tulangnya dan sisihkan. Tuangkan sedikit minyak ke dalam wajan panas dan goreng bagian daging atasnya hingga kecoklatan.
Tips Lainnya:
1. Hati-hati saat menaburkan garam, jika Anda menaburkannya di kulit bebek, rasa asin tidak akan meresap ke dalam daging. Jadi taburkan garam pada bagian dagingnya, jumlah garam harus diberikan pada seluruh bagian paha bebek.
2. Berikan jumlah minyak di beberapa liter. Anda dapat menghemat minyak dengan memilih ukuran wajan yang tepat sesuai dengan jumlah bebek yang akan dimasak.
Jangan lupa untuk letakkan sedikit salad di atas piring dan sajikan dengan dressing sederhana, lalu nikmati hidangan bebek confit selagi masih panas. Rasanya akan sangat lezat!