Fakta Danau Jenewa
Tidak ada laut yang indah di Swiss, tapi Swiss memiliki berbagai macam danau indah. Salah satunya adalah Danau Jenewa yang sekaligus menjadi tempat wisata paling dikenal dari Kota Jenewa.
Danau yang memiliki nama lain Lac Léman atau Lac de Genève, dalam bahasa Prancis ini diklaim merupakan danau terbesar di Swiss. Bahkan di Eropa Barat, Danau Jenewa juga menjadi salah satu danau air tawar terbesar dan terindah.Berikut fakta-fakta Danau Jenewa yang mungkin belum diketahui oleh pembaca sekalian.
1. Terletak di Dua Negara
Danau Jenewa Seluas sekitar 582 kilometer persegi ini disbeut terbesar di Eropa Barat. Danau itu terbentuk dari lelehan gletser es. Danau ini berada di dua negara, yakni di perbatasan antara Swiss dan Prancis. Sekitar 60 persen berada di wilayah Swiss, dan sisanya masuk kawasan Perancis.
2.Terdapat Air Mancur yang Tinggi
Ikon air mancur Jenewa bernama The Geneva Water Fountain atau dikenal sebagai Jet d’Eau terletak di tengah Danau Jenewa. Letaknya dekat dari muara Sungai Rhone, yakni di Quai Gustave-Ador.
3. Lahirnya Kisah Frankenstein
Novel yang berkisah tentang Vicktor Frankenstein, lahir di tepi danau ini. Mary Shelley, sang penulis, menuangkan karyanya itu saat berlibur di sebuah vila yang berada di dekat Danau Jenewa, Swiss.
Novel itu bercerita tentang seorang pria bernama Vicktor Frankenstein, yang berambisi menciptakan makhluk serupa manusia. Menggabungkan potongan tubuh dari beberapa mayat, cita-citanya itu akhirnya bisa terwujud. Ketika akhirnya makhluk itu bangkit, Frankenstein ketakutan sendiri dan lari meninggalkan makhluk berpenampilan mengerikan tersebut.
Dia menuliskan karyanya usai bermimpi. Dalam bunga tidurnya itu dia mahasiswa bermuka pucat beraliran liberal dan sosok hantu yang mengerikan. Saat itu musim panas pada 1816.
Karyanya pertama kali terbit pada 1 Januari 1818. Novel itu kemudian diangkat ke layar lebar pada 1910.
Mary Shelley dalam kata pengantar novelnya pada 1831 menjelaskan kisah Frankenstein dia tulis ketika berlibur di Jenewa, Swiss, bersama suaminya, penyair Percy Bysshe Shelley, dan saudari tirinya, Claire Clairmont.
4.Tempat Berlangsungnya Montreux Jazz Festival
Di pesisir Danau Jenewa, di kota Mentreux, Swiss, rutin dihelat festival jazz prestisius ini. Ajang ini dirintis oleh Claude Nobs, laki laki paling eksentrik di Swiss Rivera. Laiknya festival ada banyak panggung, baik yang berbayar maupun tidak.
Di tepi Danau Jenewa ada dua panggung tak berayar, --Krakatau pernah main di panggung ini--, dan penonton mencapai ratusan ribu. Jumlah yang tak kecil. Maka tidak mengherankan jika sepanjang pesisir danau ini tak hanya bermunculan bunga-bunga musim panas yang indah, bebek, dan angsa, tapi juga ribuan pengunjung Montreux.
5.Habitat Hewan Langka Lynx
Sebenarnya keberadaan Lynx tidak tepat di sekitar danau Jenewa, tapi di pegunugan Jura, tak jauh dari danau. Hewan ini untuk pertama kalinya tampak di Pegunungan Alpen di wilayah Italia, beberapa waktu silam, sejak 100 tahun lalu.
Pemerintah daerah wilayah Tyrol bagian selatan mengkonfirmasi penampakan kucing hutan itu, yang diduga menyeberang dari perbatasan Swiss. Lynx terlihat di wilayah Lembah Pejo dan berhenti di wilayah Deutschnonsberg, Tyrol bagian selatan. Pemerintah daerah menyatakan tak ada ancaman dari lynx terhadap hewan ternak di wilayah itu.
World Wildlife Fund (WWF) Italia langsung menggelar konferensi pers, yang menegaskan bahwa lynx merupakan bagian dari program mereka. Lynx itu ditangkap pada Februari di Swiss dan diberi kerah elektronik yang memantau pergerakannya.
Lynx adalah kucing predator penyendiri, yang tinggal di hutan pegunungan dataran tinggi dan memangsa hewan kecil, seperti ikan, kelinci, rubah, dan kancil.
Lynx telah menghilang dari Italia sejak awal abad ke-20. Berlandaskan fakta itu, lembaga konservasi satwa pada 1970-an memulai program penyelamatan lynx yang ada di Swiss, negara tetangga Italia.
WWF menyatakan ada sekitar 100 lynx di Swiss, terutama di barat laut Pegunungan Alpen, termasuk Interlaken dan Pegunungan Jura dekat Danau Jenewa.
Danau Jenewa pun menjadi saksi tempat dilaksanakannya olahraga air, mulai dari berenang, kano, kayak, hingga ski air. Tentunya ketika musim panas, olahraga air menjadi pilihan tepat untuk mengisi hari.
Itulah beberapa fakta mengenai Danau Jeneva yang mungkin baru pembaca sekalian ketahui .