Tempat Menikmati Bintang
Polusi udara dan cahaya membuat Galaksi Bima Sakti atau Cahaya Aurora di langit malam hampir tak bisa lagi dinikmati dari tengah kota.
Jika ingin menyaksikan bintang-bintang di langit dengan lebih hakiki, turis bisa menyambangi sejumlah lokasi yang masuk dalam daftar International Dark Sky Association.
Tak perlu jauh-jauh ke Alaska atau Islandia untuk menikmati langit berbintang di malam hari, karena dikutip dari Tripzilla dan berbagai sumber, ada sejumlah destinasi serupa di Asia. Sebelum memesan tiket dan akomodasi, perhatikan juga jadwal pergantian musim di destinasi yang bakal dikunjungi, karena di sejumlah destinasi langitnya akan lebih berkilauan selama musim panas:
1. Sabah, Malaysia
Tanjung Simpang Mengayau yang berada di ujung utara Borneo adalah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan bintang. Lokasinya terpencil sekitar 200 kilometer dari Kota Kinabalu. Hujan Meteor Perseid dan Geminid bisa disaksikan dengan jelas di sini pada Agustus dan Desember.
2. Aogashima, Jepang
Aogashima adalah pulau vulkanik kecil dengan populasi tak lebih dari 200 penduduk tak jauh dari Tokyo.Untuk mencapai pulau ini, turis hanya bisa menumpang kapal ferry dari Hachijojima selama 2,5 jam atau menggunakan helikopter dengan 11.500 yen (sekitar Rp1,4 juta) sekali jalan.
3. Gunung Pulag, Filipina
Gunung Pulag adalah gunung tertinggi ke-tiga di Filipina.Selain menjadi destinasi pendakian, Gunung Pulag juga kerap dijadikan tujuan menikmati indahnya bintang.Turis dapat menumpang tur perjalanan seperti Trail Adventours yang dapat dibanderol dengan 3.800 peso (sekitar Rp2,7 juta) per orang.
4. Doi Chiang Dao, Thailand
Doi Chiang Dao adalah kawasan pegunungan yang bertempat di Disktri Chiang Dao, Provinsi Chiang Mai.Gunung ini menjadi bagian dari Suaka Margasatwa Chiang Dao dan Taman Nasional Pha Daeng.Selain menjadi tujuan menyaksikan bintang, kawasan gunung juga menjadi habitat bagi lebih dari 300 spesies burung unik.
5. Pantai Ngapali, Myanmar
Pantai Ngapali terletak tujuh kilometer dari Kota Thandwedi Rakhine. Selagi menikmati suara ombak yang menenangkan, turis dapat menikmati indahnya hamparan bintang di malam hari.Sejumlah penginapan berbintang seperti Bayview Ngapali dan Amata Resort dapat ditemukan berjejer di sekitar pantai.