Tips Bagi Backpaker Wanita
Liburan dengan menjadi backpacker tidak terbatas untuk kaum pria saja. Wanita juga dapat melakukan wisata backpacking dengan aman.
Liburan sendirian juga bisa menjadi cara yang asyik untuk menikmati destinasi wisata pilihan Anda. Jangan takut untuk berlibur dengan cara backpacking sendiri apabila Anda seorang wanita. Berikut tips-tips aman backpacker untuk wanita:
1.Susun Itinerary Dengan Jelas Dan Lakukanlah Beberapa Riset Dari Tempat yang Akan Dikunjungi
Menyusun itinerary merupakan modal utama yang harus disiapkan secara matang oleh solo backpacker wanita. Perlu dilakukan beberapa riset via internet atau bertanya kepada teman tentang daerah yang akan dikunjungi. Bahkan di beberapa media sosial, seperti facebook, sudah banyak beberapa akun khusus backpacker Indonesia untuk saling sharing.
Susunlah itinerary dengan rinci, mulai dari lokasi, budget, jam bepergian, jadwal transportasi, hingga beberapa rencana cadangan jika terjadi hal diluar itinerary.
Selain menentukan tempat mana yang ingin dikunjungi, akomodasi serta kondisi lokasi yang akan dilalui amatlah penting. Menjadi wanita yang memutuskan backpacker seorang diri, jelas akan sedikit mengkhawatirkan.
Coba cek mengenai kendaraan menuju lokasi, keramaian tempat, serta akses jalannya. Jika dirasa agak berbahaya karena sepi atau rawan, pikirkan dengan matang lagi!
2. Logistik yang Dibawa Cukup Jelas Kegunaannya
Ada beberapa logistik yang memang wajib dibawa solo backacker, terutama wanita. Selain membawa logistik umum, seperti P3K, jas hujan, atau barang elektronik (kamera, tripod, power bank).
Sudah wajib bagi wanita untuk membawa perlatan kebersihannya yang notabenenya lebih banyak dibanding pria.
Asal semua masih batas wajar dan dibutuhkan, semacam sunblock, lisptik/lip balm, bedak, pencuci wajah, parfum, body lotion agar kulit tidak kering, hingga membawa pembalut dan celana dalam lebih.
Hal ini karena terkadang wanita memiliki jadwal tamu bulanan yang tidak tentu tanggalnya, terutama saat backpacker. Bisa jadi kondisi menjadi stres dan kelelahan yang menyebabkan siklus bulanan menjadi maju.
3. Pilih penginapan yang cukup dekat dengan keramaian
Menginap sendirian di sebuah hotel bintang lima tentu bukan merupakan masalah yang besar.
Tapi pada saat backpacking, penginapan murah tentu saja menjadi pilihan. Tapi menginap sendiri di sebuah penginapan murah bisa saja membahayakan keselamatan anda.
Di sarankan memilih kamar yang lokasinya dekat dengan keramaian. Bisa yang berada di dekat kantor pengelola atau dekat dengan resepsionis. Jika ada sesuatu yang tidak diharapkan terjadi, maka orang lain dapat menolong Anda dengan cepat. Ada juga yang mesti Anda perhatikan pada saat memilih sebuah kamar di dekat keramaian, yaitu tentang keamanan.
4. Simpan Dokumen Dalam Bentuk Digital
Untuk menghindari kejadian buruk seperti kehilangan dompet atau tidak sengaja kehujanan dan tersiram air, maka sebaiknya simpan dokumen penting, seperti KTP, SIM, paspor, itinerary, kontak penting, booking hotel/transportasi lainnya dalam bentuk digital di dalam smartphone.
5. Bersikap Tenang dan Tidak Mudah Panik
Ini menjadi salah satu poin penting bagi wanita yang ingin melakukan backapcker. Cobalah untuk selalu bersikap tenang dan tidak mudah panik jika terjadi sesuatu diluar rencana perjalanan. Inilah tantangan sebenarnya ketika pergi sendirian. Apapun yang terjadi, kedepannya adalah keputusan dari diri sendiri. Oleh sebab itu, coba tenangkan pikirkan dan mulailah berpikir tenang untuk mengambil keputusan ,maka itu persiapkan semuanya dengan matang sebelum perjalanan.
Itulah tips-tips aman backpacker untuk wanita. Selalu berhati-hati, waspada dan tidak ceroboh agar liburan menyenangkan dan Anda tetap selamat dalam perjalanan. Selamat menikmati perjalanan!