Kari Ayam yang Lezat
Banyak dari berbagai kalangan masyarakat suka makan makanan rasa kari. Kari ayam adalah makanan rasa kari yang sangat terkenal. Lalu, bagaimana cara membuat kari ayam?
Cara Membuat Kari Ayam
Bahan utama:
- Setengah kilo ayam
- 1 bawang merah
- 1 tomat
- 3 siung bawang putih
- 1 cangkir susu
- 1 bawang Bombay
- Setengah cangkir santan
- Mentega secukupnya
Bahan Tambahan:
- 2 sdm bubuk kari
- Merica secukupnya
- 1 sdm pasta kari merah
- 4 sdm kecap ikan
- 4 sdm madu
- 2 sdm air jeruk nipis
- Garam secukupnya
Langkah-Langkah:
1. Bersihkan ayam dan potong-potong.
2. Tuang bubuk kari dan merica secukupnya ke dalam mangkuk dan aduk rata, lalu masukkan potongan ayam ke dalam mangkuk dan rendam selama setengah jam.
3. Cuci bawang putih, bawang bombay, dan tomat. Lalu potong bawang bombay, potong dadu tomat, dan potong bawang putih hingga haluskan.
4. Tuang minyak goreng secukupnya ke dalam panci, lalu tambahkan mentega secukupnya, masukkan bawang bombay ke dalam panci dan tumis, lalu tambahkan tomat dan tumis, masukkan bawang putih cincang ke dalam wajan dan tumis, dan tuang air secukupnya, lalu didihkan.
5. Apabila semua telah ditumis , selanjutnya masukkan potongan ayam ke dalam wajan, lalu tumis sebentar.
6. Terakhir, masukkan susu, pasta kari merah, air jeruk lemon, saus ikan, garam secukupnya, dan madu ke dalamnya, lalu masak selama 10 menit, kemudian tambahkan santan dan masak sebentar.
7. Kari ayam lezat siap disajikan!
Berikut cara lainnya dalam membuat nasi kari ayam yang lezat dan nikmat!
Bahan Utama:
- 2 sayap ayam besar
- 1 wortel
- 1 kentang
- 1/2 bawang bombay
- Setengah sendok kecil garam
- 20 gram jahe
- 80 gram minyak sayur
- 1 kotak kari original
- Air secukupnya
Langkah-Langkah:
1. Cuci sayap ayam dan potong kecil-kecil berukuran 2 cm.
2. Masukkan potongan ayam ke dalam mangkuk besar, tuangkan jahe, dan setengah sendok garam, aduk rata, rendam selama 20 menit.
Buang ujung bawang bombay, buang kulit wortel dan kentang, lalu potong-potong dengan ukuran yang sama dengan ayam.
3. Panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api besar, masukkan potongan ayam, tumis selama 3 menit, lalu masukkan bawang bombay dengan api kecil dan tumis hingga bawang berubah warna dan transparan.
4. Tambahkan kentang dan wortel, lalu tumis dengan baik. Tuang air secukupnya ke dalam panci sampai semua bahan terendam. Didihkan air dengan api besar, lalu kecilkan api dan didihkan selama 20 menit.
5. Pecahkan kari menjadi potongan-potongan kecil ke dalam panci. Lalu diaduk hingga semua kari tercampur merata kemudian direbus selama 5 menit hingga kuah menjadi kental lalu matikan api.
6. Nasi akan ditaruh diatas piring, dan kari ayam yang sudah matang akan dituang di atas nasi.
Aroma nasi yang harum akan membuat nafsu makan orang bertambah. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba resep kari ayam lezat ini!