Samosa yang Lezat
Samosa, juga dikenal sebagai "curry puff", adalah camilan yang umum di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.
Ini adalah makanan yang terbuat dari adonan dengan isian berbentuk segitiga dan digoreng.
Curry puff adalah camilan tradisional orang Melayu di Asia Tenggara. Dalam beberapa tahun terakhir, camilan ini telah diterima secara luas oleh negara-negara Asia Tenggara lainnya dan juga dimasukkan ke dalam masakan negara lain. Orang Tionghoa di Asia Tenggara juga menganggap curry puffs sebagai hidangan Tionghoa yang lezat, dengan rasa yang sedikit disesuaikan.
Dibandingkan dengan curry puff Melayu tradisional, curry puff Tionghoa lebih besar dan harganya relatif tinggi. Dikatakan bahwa alasan mengapa orang Melayu mulai makan curry puffs adalah karena orang Melayu di Malaka mendapat pengaruh dari budaya negara lain pada masa awal. Dan memperbaiki pai empanada yang populer di Eropa selatan dan Mediterania, dimana kemudian muncul dengan sebutan curry puffs.
Selain itu, beragam hidangan Asia Tenggara lainnya pasti juga akan membuat Anda terkesima.
1. Lumpia
Lumpia dulunya adalah salah satu hidangan perayaan musim semi di daratan Tiongkok, dan sekarang dimakan sepanjang tahun di sebagian besar Asia Tenggara. Mereka sering dimakan sebagai camilan atau hidangan pembuka. Biasanya berisi daging giling atau makanan laut, dan versi vegetariannya juga mudah ditemukan.
2. Tempe Goreng
Tempe dipercaya berasal dari Jawa, dan terbuat dari kedelai. Ia mendapatkan tekstur yang lebih padat dan rasa khas selama fermentasi.
3. Kue Lobak Goreng
Dikatakan bahwa hidangannya berasal dari masakan Teochew di Chao An, Tiongkok. Kue lobak ini dibuat dengan telur, bawang merah, dan bumbu lainnya.
4. Ambuyat
Ambuyat terbuat dari bahan yang lengket dan berstarch dari pohon sagu. Dimakan dengan garpu bambu yang disebut 'chandas' setelah direndam dalam cacah.
5. Nasi Lemak
Nasi Lemak adalah hidangan khas nasional di Malaysia. Inti dari nasi lemak adalah nasi yang dimasak dengan santan dan daun pandan. Makanan dengan dua bahan utama ini, bersama dengan kacang tanah, telur ikan krispi, telur rebus, dan irisan mentimun.
6. Batar Da'an
Masakan Timor-Leste memiliki banyak hidangan vegetarian. Meskipun batar da'an diterjemahkan sebagai jagung rebus dari Dayton, sebenarnya melibatkan jagung, labu, dan kacang hijau. Setelah kacang hijau direndam, semua bahan direbus bersama dan diberi bumbu sesuai selera. Campuran ini biasanya dimakan dengan nasi.
7. Durian
Dikenal sebagai "raja buah-buahan", durian sangat berbeda dengan durian Thailand yang dipetik sebelum matang. Durian Malaysia matang di pohon dan kemudian jatuh dengan sendirinya. Rasanya secara alami akan terasa lebih manis.