Sepeda Anak-Anak
Sepeda anak adalah sepeda yang khusus dirakit untuk kemampuan motorik anak- anak berusia 4-8 tahun.
Tutup mata Anda dan bayangkan sebuah adegan di mana anak Anda tidak lagi terpesona oleh berbagai produk elektronik, tetapi lebih suka bermain didaerah datar yang luas.
Mengendarai sepeda, kejar-kejaran, balapan dan lari bersama teman-temannya. Inilah gambaran yang paling ingin dilihat oleh banyak orang tua. Sehingga beberapa merek sepeda mengeluarkan produk terbaru untuk anak-anak yaitu sepeda khusus anak-anak.
Ada berbagai macam sepeda anak di pasaran, lalu bagaimana cara memilih sepeda yang paling cocok untuk anak Anda?
1. Pilih Sepeda yang Ringan
Sebagian besar sepeda anak-anak di pasaran relatif berat. Biasanya berat dari sepeda anak-anak memiliki 50% dari berat badan anak-anak. Berat seperti ini tentunya terlalu berat untuk digunakan oleh anak-anak, dan ini akan membuat anak sulit untuk mengendarainya, selain itu akan membuat mereka kelelahan saat mengendarai perjalanan jauh. Maka dari itu, pilih frame sepeda anak-anak dengan bahan aluminium atau titanium yang mungkin akan jarang ada untuk produksi sepeda anak, namun tetaplah mencari sepeda dengan berat yang lebih ringan.
2. Perhatikan Ukuran Sepeda Anak
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ukuran sepeda anak-anak yang berfokus pada ukuran dari ban sepeda itu sendiri. ini tentunya akan berbeda dengan sepeda untuk orang dewasa yang biasanya mengukur rangka sepedanya. Sepeda anak-anak pada umumnya akan memiliki ukuran roda 12 inci, 14 inci, 16 inci, 18 inci, 20 incidan 24 inci. Selain itu, pemilihan ukuran roda dipilih berdasarkan usia anak, semakin tinggi anak maka roda sepeda anak yang akan dipilih juga akan semakin besar. Perlu untuk diingat, tidak disarankan untuk membeli ukuran sepeda yang besar atau dengan ukuran sepeda yang lebuh tinggi dari tinggi badan anak, karena ini akan membuat anak sulit untuk mengendarainya, dan juga akan sangat berbahaya untuk keselamatan bersepeda anak Anda saat mengendarainya. Maka dari itu, pilihlah sepeda dengan ukuran yang sesuai untuk anak Anda.
3. Membeli Sesuai Dengan Anggaran
Harga sepeda yang Anda pilih bergantung pada anggaran Anda. Tetapi sebisa mungkin, Anda harus memilih yang terbaik sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.
Kami sarankan untuk Anda, apabila Anda ingin mencar harga sepeda dengan kualitas yang bagus, sebaiknya Anda membeli sepeda ditoko sepeda dan bukan di supermarket atau tempat yang bukan khusus untuk sepeda.
Beberapa saran pembelian yang sangat praktis, ingin kami bagikan kepada Anda:
1. Baik pembelian online maupun offline, pastikan untuk memilih merek toko online atau toko anak. Platform belanja yang menjual beberapa produk tersebut memiliki saluran pembelian formal dan layanan purna jual yang sempurna.
Dalam pemilihan produk mengutamakan pembelian produk yang dihasilkan oleh perusahaan ternama, biasanya perusahaan tersebut menghasilkan kualitas produk yangcukup bagus.
2. Cobalah berusaha untuk membeli produk dari merek yang terkenal, karena keamanan dan kenyamanan anak Anda dalam bersepada adalah hal yang paling penting.
3. Pastikan untuk memeriksa kualitas penampilan produk, identifikasi produk, dan pengemasan.
4. Saat memilih produk, tanyakan lebih banyak tentang layanan pelanggan, ukuran produk yang sesuai dengan usia dan tinggi anak Anda. Apabila Anda memiliki niat “sepeda yang Anda beli untuk anak Anda bisa digunakan untuk beberapa tahun”, Anda harus berkonsultasi ke layanan pelanggan agar mendapatkan sepeda yang tepat untuk anak Anda.
Jika Anda membeli produk yang terlalu besar atau terlalu kecil, anak-anak yang sedang mengayuh atau menyetir akan tampak tidak fleksibel, dan akan beresiko pada keamanan anak Anda.
5. Identifikasi produk harus mencantumkan nama atau merek dagang produsen, spesifikasi, tanggal pabrik, petunjuk keselamatan, memiliki instruksi peringatan keselamatan yang memadai, dan banyak lagi.
6. Terakhir, jangan lupa untuk memilih helm dan alat pelindung yang tepat untuk anak Anda. Agar anak Anda merasa aman dan nyaman saat mengendarai sepeda.