Alat Produksi Pertanian
Perubahan alat-alat produksi pertanian yang semakin maju membuat produksi pertanian semakin berkembang. Dengan munculnya alat-alat kayu dan batu sederhana, penemuan alat-alat besi dan kayu, serta penggunaan motor listrik dan traktor, produksi pertanian telah mengalami perubahan radikal.
Ada tiga jenis mesin pertanian, yakni traktor, mesin pembakaran internal, dan motor listrik.
(1) Traktor
Traktor merupakan penggerak utama dalam produksi pertanian dengan berbagai fungsi operasionalnya. Itu dapat melakukan segala macam hal mulai dari membajak dan menanam hingga pemupukan, pengelolaan lahan, perlindungan tanaman, pemanenan, infrastruktur lahan pertanian, transportasi, dan serangkaian operasi bergerak.
Perangkat kerja katrol yang dimiliki oleh traktor untuk menggerakkan perontokan, pembersihan, memproses produk pertanian, irigasi. Traktor juga dapat digunakan ditaman, gunung, ladang pengomposan, dan tujuan khusus lainnya.
Ada banyak jenis traktor, terutama traktor berjalan, traktor beroda, traktor perayap, traktor perahu, dan sebagainya. Tetapi dari banyaknya jenis, traktor berjalan dan traktor beroda memiliki permintaan yang paling besar.
(2) Mesin Pembakaran Internal
Mesin pembakaran internal juga merupakan sumber tenaga pendukung dengan berbagai kegunaan dalam produksi pertanian. Ini dapat digunakan sebagai traktor, pemanen gabungan, penanam padi, mesin pelindung tanaman, dan tenaga mesin pengangkut tanah dan air.
Ada dua jenis utama mesin pembakaran internal pertanian: diesel dan bensin, tetapi yang dijual diseluruh negeri adalah kebanyakan jenis mesin diesel ukuran kecil dan menengah.
(3) Motor Listrik
Motor listrik juga merupakan salah satu tenaga pertanian yang banyak digunakan dalam produksi pertanian.
Ada banyak jenis motor listrik, tetapi yang paling umum digunakan adalah motor asinkron tiga fase rotor sangkar tupai yang berkapasitas kecil (di bawah 100 kW). Struktur motor ini sederhana dan mudah dioperasikan, dan dapat meningkatan penjualan dari tahun ke tahun di seluruh dunia.
Namun masih banyak orang yang memiliki pertanyaan tentang mesin dan peralatan apa yang cocok untuk diterapkan di kebun mereka.
Dengan meluasnya penggunaan platform kerja kebun yang multifungsi dari jenis mesin dan peralatan ini ,menjadi patokan bahwa hal tersebut merupakan standar kebun saat ini.
Staf dapat mengoperasikan platform untuk berjalan, mengangkat, mengangkut buah, dan material, agar staf dapat melakukan pemangkasan, penjarangan bunga dan buah, pengemasan, pemetikan buah, tentunya hal tersebut akan memberikan kondisi yang aman dan nyaman.
Platform kerja kebun yang multifungsi (dengan bongkar muat sendiri), yang didasarkan pada platform kerja kebun multifungsi dengan penambahan perangkat bongkar muat sendiri, memungkinkan buah yang dipetik untuk diangkut langsung ke tempat yang ditentukan, dan meningkatkan efisiensi dan tingkat kualitas buah.
Platform dapat diperpanjang hingga lebar 3m dan tinggi 3,5m, dengan beban maksimum 600kg. Sangat cocok untuk kebun apel, pir, dan aprikot dan dapat dilengkapi dengan aksesoris seperti trailer flatbed, generator, tailboard pengangkat, truk forklif, dan pengait ekor untuk mencapai pengambilan di bagian atas, pemangkasan, transportasi, pembangkit listrik luar ruangan, dan operasi pengangkatan.