Wortel Bergizi
Wortel adalah sayuran yang sangat umum dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak hanya rasanya yang enak, tetapi juga sangat kaya akan nilai gizi.
Jika Anda ingin menyerap sepenuhnya karotenoid dalam wortel, yang terbaik adalah memakannya dengan dikukus atau direbus.
Selain dikukus dan direbus, cara termudah lainnya untuk dilakukan adalah membuat wortel menjadi jus wortel yang segar. Jus wortel selalu menjadi salah satu minuman yang sangat populer. Agar jus wortel lebih nikmat dan segar, maka Anda bisa menambahkan perasan jeruk ke dalam jus wortel. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam ke jus wortel untuk mencegah oksidasi. Wortel terkenal kaya akan berbagai nutrisi seperti karoten, dan wortel juga memiliki beragam nilai gizi yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan kecantikan.
Lantas apa saja manfaat yang dimiliki oleh jus wortel ?
1. Suplemen Vitamin A
Wortel kaya akan karoten, karoten dapat memenuhi kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan oleh kerja enzim di saluran usus.
Kekurangan vitamin A dalam tubuh manusia membuat rentan terhadap mata kering dan rabun senja, serta menyebabkan kulit kering, serta berkurangnya daya tahan terhadap infeksi pada mata, saluran pernapasan, saluran kemih, dan mukosa usus.
Anak yang kekurangan vitamin A akan berpengaruh ke perkembangan gigi dan tulangnya.
2. Menurunkan Gula Darah
Penelitian farmakologi modern telah membuktikan bahwa wortel mengandung komponen yang dapat menurunkan gula darah.
Setelah mengekstraksi wortel dengan petroleum eter, diperoleh zat kuning dengan jenis tak tentu, yang memiliki efek signifikan dalam menurunkan gula darah baik pada hewan maupun manusia.
Selain itu, jika orang meminum jus wortel tiga kali sehari, dapat menurunkan tekanan darah dan memiliki efek anti kanker paru-paru.
3. Mencerahkan Mata
Wortel mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan mata.
Terutama yang kaya karoten, setelah diserap dan dimanfaatkan menjadi vitamin A, vitamin A dan protein dapat digabungkan untuk membentuk retinol, yang merupakan zat penting bagi sel batang retina mata.
Pada saat yang sama, vitamin A juga dapat membuat sel epitel mengeluarkan lendir untuk mencegah terjadinya penyakit mata kering.
4. Pencegahan Penyakit
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wortel dapat menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung dan tumor. Wortel juga bisa melawan kanker, terutama bagi orang yang merokok. Selain itu, jus wortel juga dapat menurunkan tekanan darah.
Berikut cara membuat hidangan jus wortel yang lezat.
Bahan-Bahan:
- 150g wortel
- 50g telur
- 5 gram madu
- 3 gram minyak wijen
Langkah-Langkah:
1. Haluskan wortel untuk mendapatkan sarinya.
2. Rebus airnya.
3. Pecahkan telur dan tuangkan ke dalam air mendidih.
4. Tambahkan jus wortel, madu, dan minyak wijen.
5. Hidangan wortel bergizi siap dinikmati!
Karoten yang terkandung dalam wortel dapat menghambat kerusakan kulit akibat sinar UV dan efektif mencegah kulit keriput dan kendur. Wortel juga bisa meningkatkan sirkulasi darah pada kulit dan membuat kulit lebih cerah.