Perbedaan Saus Kecap, Tomat, dan Pasta Tomat
Jadi apakah saus tomat dan kecap adalah hal yang sama? Apa perbedaan antara saus tomat dan kecap?
Jika Anda telah melihat resep, mungkin Anda menyadari sesuatu yang membingungkan. Beberapa orang mengatakan kecap dan saus tomat. Yah, itu berarti ada perbedaan antara keduanya.
Bahasa Inggris Amerika untuk kecap adalah "ketchup" atau "catsup", sedangkan bahasa Inggris Amerika untuk saus tomat seharusnya "sauce" atau "tomato sauce". Mereka mirip tetapi berbeda.
Kecap adalah konsentrat saus tomat, sedangkan saus tomat adalah saus tomat yang diencerkan dan dibumbui. Saus tomat tidak dapat menggantikan kecap, dan kecap tidak dapat menggantikan saus tomat.
Saus tomat adalah substansi saus yang menggunakan tomat segar matang sebagai bahan baku dan mengolahnya melalui serangkaian proses seperti mengupas dan menghaluskannya. Saus tomat biasanya tanpa bumbu, dan ada yang menambahkan sedikit garam. Saus tomat sering digunakan untuk memasak ikan dalam makanan Tiongkok, yang dapat meningkatkan warna, menambah asam, dan kesegaran. Dalam makanan Barat, saus tomat sering digunakan sebagai dasar untuk pizza dan pastry, atau sebagai kondimen dasar.
Kecap dapat dimakan langsung, dan dalam kebanyakan kasus, kecap utamanya dimakan langsung. Meskipun saus tomat juga bisa dimakan langsung, dalam lebih banyak kasus, saus tomat dimakan setelah dimasak, dan umumnya tidak langsung diimpor. Kandungan likopen dalam saus tomat jauh lebih tinggi daripada kecap karena kecap adalah produk yang diencerkan dari saus tomat.
Sebenarnya, selain kecap dan saus tomat, ada juga pasta tomat dan puri tomat yang sering membingungkan. Apa perbedaan antara mereka?
Puri tomat adalah cairan kental yang terbuat dari tomat yang dimasak dan dihilangkan kadar airnya. Biasanya digunakan dalam hidangan di mana Anda ingin memperkenalkan rasa tomat tanpa memengaruhi rasa bahan utama. Sering dijual dalam kaleng. Pasta tomat terbuat dari tomat yang direbus selama beberapa jam untuk menghilangkan air, kemudian dikeringkan, dikeluarkan bijinya, dikupas kulitnya, dan kemudian direbus hingga menjadi konsentrat yang kental. Pasta ini beberapa kali lebih kental daripada jus tomat, dan terkadang jagung ditambahkan.
Menurut kondisi pengolahan yang berbeda, pasta tomat dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat saus tomat atau jus berasa tomat.