Ubi Jalar Kering
Ubi jalar kering bisa menjadi tambahan yang bergizi dan lezat untuk diet Anda. Manfaat utamanya adalah memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan juga dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat, serta mengurangi peradangan.
Ubi jalar kering memiliki rasa yang sangat enak. Metodenya kelihatannya sederhana, tetapi bagaimana seharusnya dilakukan dalam praktik?
1. Bersihkan ubi jalar terlebih dahulu, buang kulit luarnya, lalu taruh di atas kukusan untuk dikukus. Ubi jalar dikukus sekitar 20 menit, dan keluarkan dari kukusan setelah dikukus.
2. Potong ubi kukus dengan potongan memanjang.
3. Setelah dipotong, cari tempat yang berventilasi, letakkan potongan ubi jalar di atasnya, dan tutupi hingga kering. Butuh waktu sekitar dua atau tiga hari untuk mongering. Setelah ubi jalur sudah dikeringkan selama dua atau tiga hari, ubi jalar kering ini sudah jadi.
4. Setelah selesai, masukkan ubi jalar kering ke dalam kotak penyimpanan yang segar dan tutup rapat. Ubi jalar kering dapat disimpan dalam waktu lama.
Ubi jalar kering adalah makanan yang diawetkan yang terbuat dari ubi jalar. Ubi jalar itu sendiri memiliki rasa yang sangat manis. Selanjutnya, kami akan menjelasakan secara singkat tentang khasiat dan fungsi ubi jalar kering.
1. Menyelaraskan Darah
Ubi jalar sangat bergizi, dan mengandung banyak gula, berbagai vitamin, dan mineral, serta dapat diserap secara efektif oleh tubuh manusia. Ubi jalar kering juga dapat mencegah dan mengobati malnutrisi, dan bermanfaat untuk penyakit seperti defisiensi limpa dan lambung di tengah burner dan malnutrisi pada anak-anak.
2. Dapat Mengatasi Sakit Perut
Setelah ubi jalar matang, bagian dari pati berubah dan serat makanan dapat meningkat sekitar 40% dibandingkan dengan sebelum dimasak, yang secara efektif dapat merangsang gerak peristaltik saluran usus dan mendorong buang air besar. Saat orang memotong ubi jalar, ada cairan putih yang keluar dari kulit ubi jalar itu adalah ginsenosida, kandungan ginsenosida bisa digunakan untuk mengobati sembelit yang biasa terjadi.
3. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh
Ubi jalar mengandung banyak protein lendir, yang dapat mencegah penyusutan hati dan ginjal, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah terjadinya penyakit kolagen. Mineral yang terkandung dalam ubi jalar berperan sangat penting dalam menjaga dan mengatur fungsi tubuh manusia. Kalsium dan magnesium yang terkandung di dalamnya dapat mencegah osteoporosis.
4. Anti Kanker
Ubi jalar mengandung zat anti kanker yang dapat mencegah kanker usus besar dan kanker payudara. Selain itu, ubi jalar juga memiliki efek menghilangkan oksigen aktif yang merupakan salah satu pemicu kanker, sehingga efek ubi jalar dapat menghambat proliferasi sel kanker.
5. Menghambat Penuaan dan Arteriosklerosis
Protein lendir yang terkandung dalam ubi jalar dapat menjaga kekenyalan dinding pembuluh darah dan mencegah terjadinya aterosklerosis.
Asam klorogenat pada ubi jalar dapat menghambat produksi melanin dan mencegah munculnya bintik-bintik penuaan. Ipomoea batatas juga dapat menahan penuaan kulit, menjaga kekenyalan kulit, dan memperlambat proses penuaan tubuh.
Selain itu, ada beberapa peringatan yang harus diperhatikan:
1. Ubi jalar kering tidak boleh dimakan terlalu banyak sekaligus, dan tidak boleh dimakan saat perut kosong. Ubi jalar kering mengandung sejenis oksidase yang mudah menghasilkan gas karbon dioksida dalam jumlah besar di saluran pencernaan manusia.
Misalnya: Makan terlalu banyak ubi kering akan menyebabkan perut kembung, dan makan dengan perut kosong akan merangsang sekresi asam lambung.
2. Ubi jalar kering tidak boleh dimakan dengan kesemek: jika dimakan bersamaan, gula pada ubi jalar akan berfermentasi di perut yang akan meningkatkan sekresi asam lambung. Kemudian bereaksi dengan tanin dan pektin pada kesemek akan mengendap dan menggumpal, yang akan membuat perut terasa tidak nyaman.