Makanan Sehat
Sup labu adalah makanan untuk segala usia, terutama untuk orang gemuk, penderita diabetes, dan orang paruh baya dan lanjut usia.
Bukan rahasia lagi bahwa penderita diabetes tidak boleh makan terlalu banyak gula. Banyak makanan yang kita makan dalam hidup adalah makanan yang mengandung gula cukup tinggi.
Pasien diabetes makan terlalu banyak gula tidak kondusif untuk mengontrol gula darah, yang akan membuat tubuh tidak nyaman. Diabetes adalah penyakit metabolik yang sering ditandai dengan hiperglikemia kronis.
Dalam kasus sekresi insulin yang tidak normal, mudah terjadi poliuria, polidipsia, poli makanan, penurunan berat badan, dan manifestasi lainnya. Untuk menghindari perburukan diabetes, penderita diabetes perlu memperhatikan asupan kalori dalam kesehariannya.
Gula adalah sejenis makanan dengan kalori tinggi yang mudah membuat gula darah naik dengan cepat setelah makan, sehingga mengakibatkan rasa haus, sakit kepala, pusing, penglihatan kabur, dan sebagainya.
Labu mengandung lebih banyak kromium, nikel, dan elemen jejak lainnya, sehingga dapat menurunkan gula darah. Labu adalah tanaman berserat tinggi yang dapat menunda penyerapan gula di usus kecil, mengurangi beban sel islet, dan secara bertahap mengembalikan fungsi sekresi sel islet.
Gula dalam labu adalah fruktosa dan glukosa.
Fruktosa adalah monosakarida, isomer glukosa dengan rumus C6H12O6. Fruktosa dapat bergabung dengan glukosa untuk membentuk sukrosa. Fungsi fruktosa bagi tubuh, ialah di antaranya membantu dalam menghasilkan energi, menyimpan energi dalam bentuk glikogen, dan pembentukkan lemak dalam tubuh.
Glukosa merupakan senyawa organik dengan rumus C6H12O6. Glukosa adalah salah satu karbohidrat yang sangat penting dan dibutuhkan sebagai sumber energi dan merupakan bahan bakar utama bagi otak dan sel darah merah.
Bagaimana cara membuat sup labu sendiri yang sederhana dan enak ?
Bahan Utama:
- 2 sendok makan mentega
- 100 gram bawang bombai (cincang)
- 2 siung bawang putih (cincang)
- 500 ml kaldu ayam
- 150 ml air bersih
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh lada hitam
- 2 sendok makan gula palem
- 250 gram labu kuning (kupas dan potong dadu)
- 1 sendok teh bubuk kayu manis
- 750 ml susu cair
Langkah-Langkah:
1. Lelehkan mentega didalam wajan
2. lalu tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum.
3. Masukkan kaldu ayam, air, garam, lada, dan gula palem, masak hingga mendidih.
4. Tambahkan potongan labu kuning dan masak hingga labu matang dan empuk.
5. Setelah itu keluarkan labu dan blender hingga labu halus.
6. Tuang kembali labu kuning yang sudah dihaluskan ke dalam panci, lalu tambahkan susu cair dan bubu kayu manis.
7. Masak sup labu hingga mendidih.
8. Apabila sup labu sudah mendidih, Anda bisa angkat wajan sup labu dari kompor dan cobalah selagi hangat.
Makan lebih banyak labu baik untuk Anda. Berikut beberapa manfaat-manfaatnya.
1. Detoksifikasi:
Mengandung vitamin dan pektin, pektin memiliki daya serap yang baik, dapat mengikat dan menghilangkan racun bakteri dan zat berbahaya lainnya di dalam tubuh, seperti timbal, merkuri, dan unsur radioaktif dalam logam berat, dapat memainkan peran detoksifikasi.
2. Melindungi Mukosa Lambung, dan Membantu Pencernaan:
Labu mengandung pektin yang dapat melindungi mukosa saluran gusi lambung, dari rangsangan makanan kasar, dan mempercepat penyembuhan maag, dan sangat cocok untuk pasien penyakit lambung. Labu juga dapat meningkatkan sekresi empedu, memperkuat gerak peristaltik gastrointestinal, dan membantu pencernaan makanan.
3. Mencegah Diabetes dan Menurunkan Gula Darah:
Labu kaya akan kobalt, kobalt dapat mengaktifkan metabolisme manusia, meningkatkan fungsi hematopoietik, dan berpartisipasi dalam sintesis vitamin B12 dalam tubuh manusia, memiliki efek khusus pada pencegahan dan pengobatan diabetes, dan dapat mengurangi gula darah.
4. Penghapusan Karsinogen:
Labu dapat menghilangkan mutasi nitrosamin karsinogenik, dan memiliki efek pencegahan kanker, dapat membantu pemulihan fungsi hati dan ginjal, meningkatkan kemampuan regenerasi sel hati dan ginjal.
5. Baik untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Seseorang:
Labu kaya akan seng, yang terlibat dalam sintesis asam nukleat dan protein dalam tubuh manusia. Ini adalah komponen yang melekat pada hormon adrenokortikal dan zat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan manusia.