Fakta Menarik Penyu
Penyu adalah hewan sejenis reptilia yang habitatnya di semua samudera yang ada di dunia. Reptil ini merupakan salah satu fauna yang terancam punah. Ada 7 jenis penyu di dunia dan 6 diantaranya berada di Indonesia.
Jenis penyu yang berada di Indonesia terdiri dari beberapa jenis diantaranya Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu lekang (Lepidochelys olivacea), Penyu belimbing (Dermochelys coricea), Penyu tempayan (Caretta caretta), dan Penyu pipih (Natator depressus). Penyu memiliki beberapa fakta unik yang tidak dimiliki oleh fauna lainnya Berikut ini merupakan beberapa fakta unik dan menarik tentang penyu.
1.Penyu Sudah Ada di Bumi Selama Jutaan Tahun
Penyu termasuk hewan yang umurnya sangat tua, mereka telah hidup di bumi selama lebih dari 110 juta tahun. Penyu memiliki kelebihan yaitu tetap bertahan terhadap perubahan iklim. Hal ini yang membuat penyu tidak punah sampai sekarang. Bagian tubuh penyu bagian atas dilindungi oleh cangkang yang disebut carapace. Penyu berbeda dengan kura-kura, mereka tidak bisa menyembunyikan kepala dan kaki mereka ke dalam cangkang. Hal ini juga yang membuat mereka lebih rentan saat berhadapan dengan predator.
2.Suhu Telur Menentukan Jenis Kelamin Penyu
Suhu telur sangat menentukan bagaimana jenis kelamin bayi penyu. Jenis kelamin betina ditentukan oleh suhu telur yang tinggi dan jenis kelamin jantan ditentukan dari suhu telur yang rendah. Penyu muda akan menetas ketika malam hari dan mereka memanfaatkan cahaya bulan untuk mencari jalan menuju laut. Namun, penyu tidak bisa melihat terlalu banyak cahaya. Hal ini akan membuat penyu muda bingung mencari jalan menuju pantai.
3.Penyu Betina Kembali ke Pantai yang Sama untuk Bertelur
Ketika musim bertelur, penyu betina akan kembali menuju pantai yang sama dimana dia menetas sebelumnya. Penyu betina akan menemukan pantai yang tepat meski telah pergi selama 30 tahun. Penyu akan menempatkan telurnya dalam suatu lubang pasir. Sarang tersebut tidak mudah dikenali karena penyu menggali dan menutupinya dengan lapisan pasir tambahan. Tergantung pada jenis spesiesnya, namun rata-rata tiap sarang penyu biasanya ditemukan hampir 60-200 telur.
4.Penyu adalah penyelam laut dalam dan bisa bertahan di bawah air untuk waktu yang lama.
Penyu adalah penyelam laut dalam dan bisa bertahan di bawah air untuk waktu yang lama. Sebagai reptil, penyu menghirup udara tetapi mereka memiliki kemampuan dalam kondisi alami untuk tetap tenggelam selama berjam-jam pada suatu waktu. Mereka bahkan tidur di bawah air. Kebanyakan penyu menghabiskan seluruh hidupnya di laut, hanya kembali ke pantai bersarang untuk bertelur. Namun, di Kepulauan Pasifik, penyu hijau sering datang ke pantai untuk berjemur di pantai.
Itu dia fakta menarik tentang penyu. Bagaimana menurut kalian? Pastinya kalian sudah tidak sabar menyelam Bersama penyu.