Jenis-Jenis Sandwich
Sandwich atau roti lapis merupakan salah satu olahan roti paling populer di dunia yang sudah ada sejak abad ke-18. Pembuatannya yang cukup mudah menjadikan sandwich salah satu pilihan utama untuk bekal.
Namun, setiap negara ternyata memiliki sandwich dengan ciri khas dan keunikannya tersendiri lho!
1. Prancis: Croque monsieur
Croque monsieur adalah sandwich khas Prancis yang diberi isian daging sapi asap, keju, dan saus bechamel yang terbuat dari tepung, susu, mentega, dan keju. Jika bagian atas sandwich ini ditambahkan telur, maka roti tersebut tidak lagi disebut croque monsieur, melainkan croque madame.
2. Amerika Serikat: Grilled Cheese Sandwich
Jenis sandwich klasik Amerika adalah sandwich yang biasanya disajikan dengan satu atau lebih jenis keju yang disimpan di antara dua potong roti. Irisan rotinya diolesi mentega dari luar, dan sandwich kemudian dipanaskan sebentar.
3. Swedia: Smorgastarta
Sandwich khas Swedia tidak dihidangkan seperti sandwich pada umumnya, melainkan disusun hingga menyerupai kue. "Kue" ini terdiri dari lapisan roti gandum atau rye yang diisi dengan salad, telur, salmon asap, serta udang. Semuanya kemudian akan dilapisi dengan frosting yang terbuat dari sour cream dan diberi hiasan.
4. Italia: Tramezzini
Tramezzini adalah sandwich khas Italia yang berisi tuna, udang, tomat, daging sapi asap, serta salad telur. Berbeda dengan sandwich lainnya, tramezzini biasanya dihidangkan tanpa dipanggang dan tanpa menggunakan keju leleh.
5. Denmark: Open-Face Sandwich
Jenis sandwich ini disajikan hanya dengan sepotong roti bagian bawah saja. Cara makannya menggunakan pisau dan garpu. Dulu sandwich isi daging sapi, ayam, dan kalkun ini adalah yang populer walaupun sekarang sudah ketinggalan zaman karena lebih enak makan sandwich yang ada roti atasnya.
Grilled sandwich yang original bentuknya adalah open face, yang terdiri dari satu irisan roti. Di Skandinavia open-face sandwich atau smorrebrod, masih populer. Sandwich ini disebut sebagai "hidangan nasional Denmark".
6. Inggris: Tea Sandwich
Dari namanya aja sudah ketauan ya kalau jenis sandwich yang satu ini biasanya dinikmati sambil minum teh. Jadi, tea sandwich ini terdiri dari dua tangkup roti yang dibuang bagian pinggirnya dan biasanya hanya diberi isian tomat atau timun saja dan dioles mentega. Disajikannya dalam keadaan dingin dan dinikmati dengan teh yang hangat.
7. Vietnam: Banh Mi
Nah, kalau sandwich yang satu ini asalnya dari Vietnam dan dibuat dari roti berukuran panjang yang terbuat dari tepung gandum atau tepung beras, namanya Banh Mi. Porsinya besar dan biasanya berisi acar yang terbuat dari lobak dan wortel dan diberi potongan cabai serta kecap ikan. Ngga cuma itu, ada juga tambahan isian lainnya kayak telur mata sapi, salami, ikan tuna, daging ayam, atau sapi yang sudah dibumbui sebelumnya. Lezat!
8. Australia: Vegemite sandwich
Sandwich yang satu ini hanya memerlukan olesan vegemite di antara kedua roti. FYI, vegemite adalah olesan atau selai khas Australia yang terbuat dari ragi dan gandum. Selai dengan warna coklat kehitaman ini memiliki rasa asin dan sedikit pahit.
9. Jepang: Katsu sando
Katsu sando adalah sandwich Jepang yang terdiri daging (ayam, sapi, dsb) yang digoreng dengan panko dan ditambah dengan irisan kubis. Sandwich ini juga disajikan dengan saus katsu yang bahan utamanya adalah saus tomat, mayones, dan saus tiram.
10. Singapura: Kaya toast
Kaya toast merupakan sandwich manis dari Singapura yang juga populer di negara tetangganya. Sandwich ini terdiri dari roti panggang yang dioles dengan kaya, yaitu selai yang terbuat dari santan, telur, dan gula. Kaya toast akan lebih nikmat jika dihidangkan bersama telur dan secangkir teh atau kopi.
Ini baru sebagian dari jenis-jenis sandwich yang populer di dunia. Masih banyak jenis sandwich lainnya yang memiliki jenis roti, isian, ukuran dan bentuk yang berbeda-beda dan tentunya, tidak kalah enaknya!