Manfaat Buah Lemon
Jeruk lemon adalah buah dari tanaman Citrus limon. Buahnya berbentuk bulat dan agak memanjang. Kulitnya tebal dengan warna kuning cerah ketika sudah matang. Daging buahnya berwarna kuning pucat, berair, dan asam dengan aroma khas yang segar.
Di balik rasanya yang asam, ada banyak sekali manfaat lemon yang sayang untuk dilewatkan. Lemon mengandung beragam nutrisi yang menjadikannya baik untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah penyakit jantung.Berikut beberapa manfaat buah lemon.
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Salah satu manfaat utama lemon adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.
Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalam lemon juga dapat melindungi tubuh dari bahaya efek radikal bebas. Bahkan, beberapa penelitian telah mengungkapkan berbagai potensi lemon untuk menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker.
2.Menyehatkan saluran pencernaan
Lemon mengandung petkin, salah satu jenis serat larut yang bermanfaat untuk menyehatkan saluran cerna dan mengatasi beragam masalah pada pencernaan, seperti konstipasi.
Kandungan serat di dalam lemon juga dapat memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan mencegah kenaikan gula darah secara drastis. Hal ini menjadikan lemon baik dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah.
3. Mengobati kerusakan hati
Jus lemon dapat mencegah dan mengobati kerusakan hati akibat konsumsi alkohol yang berlebihan, menurut sebuah penelitian oleh Tong Zhou, dkk. dalam “BioMed Research International”. Studi tersebut menemukan bahwa jus lemon memberikan efek mencegah kerusakan hati pada cedera hati akibat alkohol. Efek positif jus lemon pada cedera hati terkait alkohol dikaitkan dengan banyak komposisi bioaktif yang bermanfaat dari lemon, seperti minyak esensial, pektin, senyawa fenolik (terutama flavonoid), dan vitamin
4.Mencegah anemia
Anemia Defiiensi Besi adalah salah satu jenis anemia yang terjadi karena tubuh kekurangan zat besi, sehingga jumlah sel darah merah yang sehat berkurang. Penyakit ini bisa membuat penderitanya mudah lelah dan lemas karena asupan oksigen dalam tubuh tidak tercukupi.
Untuk mencegah anemia defisiensi besi, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang dapat memaksimalkan penyerapan zat besi, seperti lemon.
5.Menjaga kesehatan kulit
Lemon juga dapat menjaga kelembapan kulit, membuat kulit terlihat lebih segar, dan bahkan mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus.
Ini berkat kandungan vitamin C pada lemon mampu meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein yang berperan penting dalam mempertahankan elastisitas dan kesehatan kulit.
6.Menjaga berat badan
Lemon merupakan salah satu jenis buah yang rendah kalori dan lemak, sehingga baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet.
Tak hanya itu, kandungan serat dalam lemon juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk ngemil atau makan berlebihan pun bisa berkurang.
Namun, tak hanya dengan mengonsumsi lemon, Anda juga perlu rutin berolahraga dan membatasi asupan makanan tinggi kalori, gula, dan garam untuk menjaga atau menurunkan berat badan.
7.Menjaga kesehatan tulang dan otot
Ada pula kandungan mineral lainnya di dalam buah lemon seperti kalsium dan juga kalium.
Kedua kandungan ini menjadikan buah lemon bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan serta kepadatan tulang dan juga otot.
Lalu, kedua jenis mineral ini juga mempunyai manfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah.
Itulah beberapa manfaat dari buah lemon , semoga bermanfaat ya.