Resep Egg's Benedict
Egg's benedict populer sebagai menu sarapan orang Amerika. Menu ini terdiri dari dua potong English muffin yang dilapisi ham atau bacon, poached eggs, dan saus Hollandaise.
Tampilannya yang cantik dengan rasa yang nikmat mampu membangkitkan mood. Selain bisa menemukan hidangan ini di restoran ataupun café, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah lho! Cocok buat mengisi waktu luang di akhir pekan, menjadi sarapan pagi untuk keluarga dan juga menu untuk berbuka puasa ataupun sahur.
Caranya gampang banget, kok. Berikut resep dan cara membuat egg benedict yang sempurna.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Egg’s Benedict
Sebelum memasak, kamu harus mengumpulkan bahan-bahan berikut:
• 6 butir telur
• 250 gram mentega tawar
• 1 sendok teh air jeruk nipis atau lemon
• 2 lapis roti bagel atau english muffin
• 4 lembar beef bacon atau daging asap
• 3 sendok makan cuka
• 1 liter air mineral
• daun bawang secukupnya
Berikut ini bahan-bahan untuk saus hollandaise-nya:
- Telur - 2 kuning
- Unsalted butter, lelehkan - 6 sdm
- Air perasan lemon - 1 sdm
- Garam - secukupnya
- Merica bubuk - secukupnya
Langkah-langkah selanjutnya:
Buat saus hollandaise terlebih dulu: Panaskan air dalam panci sampai mendidih, kemudian kecilkan api. Taruh wadah kaca/stainless di atasnya (metode double boiler), masukkan kuning telur, aduk dengan whisker sampai kental, kemudian angkat.
Masukkan butter yang sudah dilelehkan secara bertahap sambil terus diaduk sampai terbentuk emulsi. Beri garam dan merica untuk memberi rasa, aduk rata. Tutup wadah agar tetap hangat, sisihkan.
Kemudian kita buat poached egg: Masak air di panci setinggi 4-7 cm sampai mendidih dan meletup-letup, lalu kecilkan api hingga didihan air hanya meletup kecil. Tambahkan 1 sendok teh cuka, kemudian aduk secara melingkar membentuk pusaran. Ini akan membantu supaya putih telur tetap menyatu dan tidak melebar.
Masukkan telur, rebus selama sekitar 2-3 menit, tergantung tingkat kematangan yang kamu inginkan. Angkat poached egg dengan sendok besar sendok sayur berlubang, tiriskan.
Terakhir, cara memasak daging dan cara menyajikan: Masak daging sapi asap hingga matang seutuhnya tanpa minyak, goreng roti bagel atau english muffin di wajan bekas memasak daging sapi asap tadi hingga berwarna kuning keemasan. Siapkan piring saji. Letakkan sesuai urutan roti bagel atau english muffin, daging sapi asap, dan pouched egg.Siram hollandaise sauce tadi di atas pouched egg tersebut. Beri sedikit topping seperti daun bawang atau daun peterseli untuk mempercantik penampilan egg's benedict-mu!
Tips:
1. Gunakan telur yang benar-benar segar agar bisa mendapatkan poached egg yang cantik.
2. Untuk warna saus hollandaise yang terang, pakai telur omega.
3. Jika saus hollandaise terlanjur dingin, kita bisa menghangatkannya dengan metode double boiler dengan api kecil.
Nah, begitulah cara membuat dan menyajikan hidangan dari Amerika Serikat, Egg’s Benedict yang akan menggoyang lidahmu. Kamu juga bisa berkreasi dan menambahkan beberapa bahan lainnya untuk membuat Egg’s Benedict-mu lebih menarik. Selamat mencoba ya!